Tim Safari Ramadhan Mentawai Libatkan Seluruh SKPD

Mentawai, Editor.- Kegiatan Safari Ramadhan 1437 H di lingkungan Pemkab Mentawai menjangkau ke dusun-dusun yang tersebar di kecamatan-kecamatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kegiatan yang dikoordinir oleh bidang Kesra tersebut melibatkan seluruh jajaran SKPD di lingkungan Pemkab Mentawai. Salah satu kunjungan yang dilakukan oleh tim safari Ramadhan ini adalah dengan mengunjungi dua dusun di Pagai Selatan. Yaitu dusun Buriai Atas, desa Sinakak dan dusun Tubeket.

Bupati Yudas Sabbagalet menyerahkan santunan buat anak yatim.
Bupati Yudas Sabbagalet menyerahkan santunan buat anak yatim.

Bupati Yudas Sabaggalet yang mendatangi dusun Buriai Atas di desa Sinakak, bersilaturrahim dengan warga muslim, berbuka bersama di mesjid Istiqlal dan mengadakan tatap muka langsung dengan warga setempat yang hadir di mesjid tersebut.

Rombongan safari Ramadhan Pemkab Mentawai untuk dusun Buriai Atas diikuti oleh muspida. Diantaranya Kapolres Mentawai AKBP Hasanuddin, Dan Lanal Mayor Laut (KH) Benny Simajuntak, Kasdim 0319 Mayor CZi Purwadi, Kadis Pendidikan Sermon Sakerebau, serta beberapa orang staf dari sekretariat.

Meski perjalanan cukup menantang dan dihadang gelombang yang tinggi, Yudas tetap bersemangat melaksanakan kegiatan safari ini. Kedatangan Bupati beserta rombongan disambut antusias oleh warga setempat di mesjid yang sederhana dan dengan penerangan yang belum memadai, jemaah mesjid Istiqlal mengikuti acara tersebut.

Masyarakat yang menghadiri safari Ramadhan Pemkab. Kepulauan Mentawai
Masyarakat yang menghadiri safari Ramadhan Pemkab. Kepulauan Mentawai.

Kebersamaan Bupati Yudas Sabaggalet dengan masyarakat semakin jelas terlihat dengan menikmati buka puasa bersama di mesjid Istiqlal yang masakannya telah disiapkan oleh masyarakat. Kegembiraan itu semakin lengkap dengan dengan diberikannya bantuan untuk mesjid berupa tiga gulung tikar shalat, 12 Alqur an dan 12 tafsir, 12 lembar kain sarung dan mukena 12 yang diserahkan langsung oleh Bupati Yudas Sabaggalet kepada pengurus mesjid.

Dalam sambutannya di mesjid Istiqlal Buriai mengatakan, saya sengaja datang ke Buriai ini ingin melihat langsung perkembangan dan kebutuhan daerah dan masyarakat di dusun ini. Ini adalah program rutin Kesra Pemkab Mentawai. Setiap tahun Kesra mengadakan safari Ramadhan keberbagai desa di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Untuk membangun daerah ini yang paling utama adalah adanya semangat kebersamaan. Dalam kondisi apapun kita bisa membangun daerah dengan penuh rasa optimis. Saya berharap masyatakat agar selalu optimis,” kata Yudas Sabbagalet.

Lebih lanjut dikatakan, dalam bulan Ramadhan ini mari kita tingkatkan ketakwaan, ketangguhan semangat dan nilai spiritual untuk

Bupati Yudas Sabaggalet menyerahkan bantuan di  Nesjid Istiqlal dusun Buriai atas desa Sinakak Kecamatan Pagai Selatan.
Bupati Yudas Sabaggalet menyerahkan bantuan di Nesjid Istiqlal dusun Buriai atas desa Sinakak Kecamatan Pagai Selatan.

membangun Mentawai kedepannya. Program Pemerintah untuk pembangunan bandara Mentawai ini sudah ada di Kementrian Perhubungan RI. Kita akan hidupkan pelabuhan di Mentawai dan daerah- daerah desanya. Untuk itu diminta masyarakat jangan ada yang menjual tanahnya yang terletak di pinggir jalan kepada pihak luar.

“Modal kita untuk membangun Mentawai adalah kebersamaan. Jangan kita meminjam budaya dari orang lain untuk ditransfer. Kita harus bangga dan jaga serta lestarikan nilai budaya kita sebagai modal dalam melanjutkan pembangunan di Mentawai,” ujar bupati..

Yudas mengparesiasi Kepala Desa yang telah bekerja dengan baik di desanya, sehingga di Mentawai sampai saat ini tidak ada gesekan antar umat beragama dan antar suku. Dia juga meminta kalau ada warga Mentawai yang akan bekerja di luar Mentawai sebelum berangkat harus mengurus dokumen dan surat- menyurat di desanya lebih dahulu. Atau dibekali dengan surat jalan yang diketahui oleh aparat desa, agar jika terjadi permasaalahan diluar nanti pihak Pemkab bisa memberikan bantuan. .

Pimpinan SKPD dan Muspida bersama masyarakat Mentawai
Pimpinan SKPD dan Muspida bersama masyarakat Mentawai.

Sementara itu di Sikakap, acara safari Ramadhan diisi dengan berbuka bersama anak yatim dengan memotong satu ekor sapi. Selain dengan anak yatim juga buka bersama diikuti Majelis Taklim dan warga masyarakat. Kebersamaan yang diciptakan oleh Bupati Yudas sangatlah berarti, khususnya bagi anak yatim, dimana usai berbuka mereka juga mendapatkan bantuan yang diserahkan langsung oleh Bupati. ** Daniwarti

678 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*