Tim Bulog Pusat Tinjau Lahan Pertanian Bawang di Lembah Gumanti

Lembah Gumanti, Editor.- Untuk menindaklanjuti hasil beberapa kali kunjungan Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, SH ke Bulog Pusat, Kepala Divisi Pengadaan Pangan Pokok Perum Bulog Pusat Khairul Pasikas Zaman beserta rombongan meninjau lokasi dan lahan pertanian di Sungai Nanam, Kec. Lembah Gumanti, Kab. Solok, Kamis (20/7).

Kunjungan tersebut didampingi oleh Wabup Yulfadri Nurdin,  Asisten II  Drs. H. Suharmen,. MM, Sekretaris Koperindag,  Camat Lembah Gumanti, Muspika beserta Kelompok Tani Matahari Terbit Kec. Lembah Gumanti Kab. Solok.

Rombongan tersebut  meninjau lokasi lahan pertanian bawang  merah Kelompok Tani Matahari Terbit di Nagari Sungai Nanam. Dalam kesempatan tersebut  Adrizal S.Hum selaku pembina Kelompok Matahari Terbit berkeluh kesah tentang masih mahalnya harga pupuk yang  tentu saja hal itu berdampak bagi hasil panen bawang merah.

“Seharusnya berat bawang ini 20 kg. Tapi dikarenakan keterbatasan pupuk dalam penyemprotan, hasil bawang ini hanya 10 kg,” kata Adrizal sambil memegang hasil panen bawang merah miliknya di depan rombongan bulog pusat.

Kemudian rombongan melanjutkan perjalan ke 3 lokasi yang akan direncanakan sebagai gudang cadangan penyimpanan bawang merah di wilayah selatan kab. Solok. Yaitu  Gedung Nasional Sekretariat Pemuda Alahan Panjang, Terminal Terpadu Pasar Syarikat Alahan Panjang.dan  Pasar Sayur Aia Luluak Nagari Sungai nanam.

Dari hasil kunjungan tersebut .Bulog Pusat akan mengadakan rapat internal di Jakarta. Kemudian akan dibentuk tim terpadu (bawang merah dan pupuk/kp3m) dari pemda untuk menindaklanjuti Kabupaten Solok sebagai sentra bawang merah di Sumatera.** Febrian D’Gumanti/Kobar/Hms

878 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*