Terkait Peningkatan Pendidikan, Pemrov Sumbar dan Kota Pariaman Tandatangani Kesepahaman

Kunjungan Gubernur Irwan Prayitno ke kota Pariaman.
Kunjungan Gubernur Irwan Prayitno ke kota Pariaman.

Pariaman, Editor.-  Hari ini Pemko Pariaman kedatangan tamu  istimewa dari pemerintahan provinsi  Sumatera Barat  yang di pimpin langsung Gubernur Irwan Prayitno di dampingi. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Adib Fikri sertaKepala Biro Humas Pemprov  Sumbar Jasman Rizal.

Kedatangan pejabat Pemprov Sumbar ini yang disambut Walikota Pariaman didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Pariaman Kanderi. Sekretaris  Pendidikan  Hartatati, Kepala Pendidikan Dasar Yurnal, adalah dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama Antara Pemko Pariaman dengan Pemprov Sumatera Barat tentang Bantuan Keuangan Bersifat Khusus di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (16/10).

Tujuan dari pemberian bantuan keuangan khusus ini adalah untuk menyikapi perpindahan kewenangan pendidikan SMA dan SMK ke Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, sementara itu pemerintah Kota telah mencanangkan pendidikan gratis mulai dari tingkat SD, SMP,  sampai tingkat SMA/SMK.

Untuk menjamin program ini bisa berjalan Pemerintah Kota Pariaman menyediakan anggaran untuk mensubsidi biaya pendidikan tingkat SMA/SMK ini melalui bantuan keuangan khusus ke Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sebagaimana dilaporkan oleh Genius Umar di hadapan Gegburnur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

“Kami ingin kualitas pendidikan di Kota Pariaman ini meningkat dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK, sehingga lulusan SMA/SMK nantinya banyak diterima di Perguruan Tinggi yang mempunyai rating yang bagus, yang memiliki rating yang baik di Indonesia ini misalnya Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP) dan banyak lagi Universitas yang terbaik di Indonesia ini, sehingga banyak anak-anak Kota Pariaman ini bisa menjadi pemimpin di masa depan,” ujar Genius Umar.

Lebih lanjut dikatakan, walaupun kami memiliki kota yang kecil, penduduknya yang sedikit akan tetapi kita menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai kualitas SDM yang berkualitas sehingga Kota Pariaman nanti semakin maju kedepan, dengan kelebihan SDM yang ada di Sumbar dan kelebihan SDM yang ada di seluruh Indonesia sehingga orang Pariaman ini bisa berkiprah nantinya  di tingkat Lokal , Nasional dan Internasional. .

“Kemajuan pendidikan ini adalah tanggung jawab kita bersama sesuai dengan perannya masing masing. Dengan keterlibatan, guru, orang tua, masyarakat dan dunia swasta bersama dengan pemerintah disemua tingkatan diharapkan kualitas pendidikan Kota Pariaman ini bisa meningkat. Peningkatan kualitas ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase tamatan SMA diterima di universitas dan perguruan tinggi negeri, dan persentase penerimaan keluaran SMK diserap di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

 “Walaupun kami Pemerintah Kota tidak mempunyai kewenangan dalam hal ini, tetapi anak-anak SMA/SMK ini adalah anak anak kami juga dan kami juga mempunyai tanggung jawab sebagai bagian dari orang tua untuk menyekolahkan anak kami dan sebagian ada uang dari Pemko, kata Genius Umar. ** Afridon.

137 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*