Terbaik Laksanakan Pilwana e-Voting, Tiga Nagari Agam Diberi Penghargaan

Lubukbasung, Editor.- Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, memberikan penghargaan kepada nagari yang terbaik melaksanakan pemilihan wali nagari (Pilwana) secara e-voting serentak pada 2017.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Agam, Teddy Martha di Lubukbasung, Rabu (25/4), mengatakan, nagari yang meraih penghargaan itu yakni, Nagari Kamang Mudiak Kecamatan Kamangmagek sebagai terbaik satu, Nagari Paninjauan Kecamatan Tanjungraya sebagai terbaik dua dan Nagari Sitanang Kecamatan Ampeknagari sebagai terbaik tiga.

“Ini berdasarkan penilaian yang kita lakukan saat Pilwana serentak bagi 28 nagari pada 2017,” katanya.

Penghargaan yang diberikan berupa tabanas sebesar Rp42,5 juta bagi terbaik satu, Rp41 juta bagi terbaik dua dan Rp39,5 juta bagi terbaik tiga. Dana ini digunakan membeli becak motor untuk membuang sampah bagi nagari tersebut dan sarana pendukung lainnya.

“Penghargaan itu diserahkan Bupati Agam, Indra Catri kepada wali nagari saat upacara hari pemadam kebakaran, hari Satpol PP, hari perlindungan masyarakat, hari otonomi daerah dan hari kesadaran nasional tingkat daerah itu di halaman kantor bupati setempat, Rabu (25/4),” katanya.

Menurut dia, penghargaan yang diberikan itu untuk motivasi bagi nagari lainnya dalam pelaksanaan Pilwana e-voting, agar berjalan dengan baik.

Pada 2019, Agam akan mengelar Pilwana secara e-voting serentak bagi sembilan nagari persiapan seperti, Nagari Silareh Aia Utara Kecamatan Palembayan, Nagari Dana Gadang Kecamatan Tanjungraya dan lainnya.

“Saat ini sembilan nagari tersebut sedang mempersiapkan administrasi menjelang Pilwana,” katanya.

Bupati Agam, Indra Catri mengucapkan selamat kepada nagari yang keluar sebagai terbaik dalam pelaksanaan Pilwana secara e-voting. Pihaknya berharap nagari yang akan melaksanakan Pilwana untuk mencontoh pelaksanaan Pilwana di tiga nagari itu, agar Pilwana berjalan dengan baik dan aman.

“Ini yang kita harapkan pada Pilwana berikutnya,” katanya.

Ia menambahkan, Kabupaten Agam merupakan yang pertama di Sumbar melakukan Pilwana secara e-voting.

Saat pelaksanaan Pilwana secara e-voting itu, pelaksanaan berjalan dengan baik.Atas dasar itu, Agam dijadikan sebagai lokasi studi banding oleh kabupaten di Sumbar dan provinsi lainnya. ** Yanto

633 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*