Tanah Datar Dilewati Empat Etape TdS

Batusangkar, Editor,- Guna pengamanan iven balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS),  yang akan dilaksanakan pada tanggal  2  November 2019, Polres Tanah Datar mengadakan Apel Gelar Pasukan di depan Istano Basa pagaruyung, Rabu (30/10).

Kapolres Tanah Datar, AKBP Rokhmad Hari Purnomo yang memimpin apel gelar pasukan dalam sambutannya menyatakan, Polres Tanah Datar memastikan, setiap rute yang akan dilalui pembalap pada TDS tahun 2019 ini aman dan terbebas dari hambatan, apel gelar pasukan ini merupakan representasi dari kesiapan petugas, atas tanggung jawab dan kepercayaan untuk terciptanya rasa aman.

Selanjutnya Kapolres mengatakan,  untuk TdS 2019 Tanah Datar akan dilalui 4 etape, yaitu etape satu yang dimulai di pantai Gondoriah Pariaman dan finish di Istano Basa Pagaruyung dengan jarak tempuh 107,3 km.

Kemudian pada etape dua, dimulai di dermaga Singkarak Kabupaten Solok dengan jalan mengelilingi Danau Singkarak melewati Ombilin, kemudian 2 etape lagi melewati Koto Baru X Koto. Untuk Koto Baru X Koto menjadi wilayah hukum Polres Padang Panjang.

Mengingat iven balap sepeda tersebut akan dilangsungkan dalam waktu dekat maka harus disikapi dengan matang dalam menghadapi timbulnya setiap gangguan kamtibmas yang bisa menganggu jalannya event tersebut.

Untuk jumlah personil yang akan mengamakan TdS 2019 terdiri dari TNI  95 personil, Polri 214 orang, POL PP dan Damkar 35 personil, Kesehatan 10 personil, Perhubungan 25 personil dan BPBD 10 personil tersebar di rute yang akan dilalui.

Masyarakat dihimbau, dalam menyaksikan dan menonton carilah tempat yang aman dan jangan di pinggir jalan, yang akan membahayakan diri pribadi maupun pembalap itu sendiri.

“Mari kita galang potensi masyarakat serta pihak yang terlibat dalam pengamanan TdS 2019 demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif,” ujarnya.

Selain itu pihaknya akan memantau kondisi jalan yang akan dilewati dan berkoordinasi dengan dinas terkait jika ada tumpukan material pada bahu jalan. 

“Untuk titik pengamanan akan dimulai dari perbatasan dengan Padang Panjang, dan memastikan tidak ada tumpukan material yang memakan bahu jalan, serta kepada masyarakat yang melaksanakan pesta dihimbau juga tidak memakai badan jalan,” ucapnya.

Sementara Wakil Bupati Zuldafri Darma mengatakan, apel kesiapan TdS tersebut diikuti oleh jajaran pemerintahan daerah yaitu, Satpol PP dan Damkar, BPBD, dan Dinas  Kesehatan menyatu dengan pihak Polres dan Kodim, untuk menyusun langkah-langkah guna  memastikan TdS 2019 berjalan aman dan lancar.

“Kita berharap iven ini berjalan dengan lancar, semoga dengan adanya iven TdS, Kabupaten  Tanah Datar semakin dikenal, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Saya mengimbau kepada masyarakat, mari kita sukseskan secara bersama-sama iven TdS ini,”ujar Zuldafri Darma. Apel Kesiapam pengamanan TdS ini juga dihadiri oleh Dandim 0307 Tanah Datar ,dan Kepala OPD terkait. **JUM

119 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*