Tambang Batu Bara PT. NAL Meledak, Perusahaan yang Tak Sesuai SOP Akan Ditutup

Sawahlunto, Editor.- Gubernur Irwan Prayitno melakukan kunjungan ke lokasi musibah tambang batu bara Sawalunto pada Lubang tambang batu bara yang dikelola PT NAL di Parambahan, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera, Selasa siang (28/6).

Ikut mendampingi Walikota Ali Yusuf, Wawako Ismet, Kadis Pertambangan Provinsi, beberapa kepala SKPD dilingkungan Pemko Sawahlunto serta pimpinan PT NAL. Kejadian dilaporkan meledak pada Senin malam (27/6) pukul 22.30 WIB.

Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan itu menyampaikanke prihatinan dan kepada pihak PT NAL agar bertanggungjawab memberikan perhatian terhadap korban. Saat ini pihak kepolisian telah melakukan pengecekan dan pemeriksaan lokasi oleh tim ESDM. Butuh waktu satu minggu untuk melihat tingkat kesalahannya.

“Kita berharap setiap perusahaan tambang baru bara ini selalu memperhatikan Standar Operasional Pelayanan (SOP) keselamatan kerja. Penataan SOP ini yang akan ditindaklanjuti dalam berbagai pertemuan nantinya oleh SKPD terkait dan harus menjadi perhatian serius perusahaan tambang di Sumatera Barat,” kata gubernur.

Irwan juga menegaskan, bagi tambang yang tidak sesuai dengan SOP dan tidak sesui dengan dengan aturan perundang-undangan akan ditutup. Namun kita juga mesti paham kebutuhan akan tambang batu bara saat sangat tinggi dan perlu ditingkatkan, maka segala persyaratan perlu menjadi perhatian agar pelaksanaan operasional tambang dapat berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan itu Gubernur Irwan Prayitno juga berkesempatan mengunjungi korban ledak tambang di Rumah Sakit Umum Daerah Sawahlunto. ** Zardi/Hms

1349 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*