Talang Babungo Layak Jadi Nagari Percontohan

Talang Babungo, Editor.- Talang Babungo merupakan salah satu nagari yang layak dijadikan percontohan karena  nagari tersebut sudah sukses menelurkan peraturan nagari tentang Maghrib Mengaji dan Jum’at Haniang.

Hal itu dikatakan Yondri Samin, SH, MH, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok yang berasal dari Fraksi PPP saat menghadiri acara Penilaian Kompetensi Wali Nagari Terbaik Tingkat Propinsi Sumatera Barat  di Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok pada Kamis (26/5). Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Drs. Asrul Syukur, Asisten I bidang pemerintahan mewakili Bupati Solok, Pimpinan SKPD, Unsur forkopimda Kabupaten Solok, Camat Hiliran Gumanti dan unsur Muspika Hiliran Gumanti.

Dikatakan Yondri Samin, hidup itu akan terasa lebih indah, jika kita merasa bermanfaat bagi orang lain. Bagi saya sebagai wakil rakyat, sudah sewajarnya memperjuangkan aspirasi mereka termasuk mendukung program pemerintah nagari sebagai ujung tombak pemerintah daerah membangun kesejahteraan rakyat.

Yondri Samin saat memberi sabutan
Yondri Samin saat memberi sabutan.

Menurut dia, nagari ini kan sudah ada Perna Maghrib Mengaji dan Jum’at Haniang, layak jadi percontohan. Untuk menindaklanjutinya lebih jauh, diminta agar semua elemen  ikut serta membangun nagari. Samin juga menyatakan siap 24 Jam membantu masyarakat dan siap mendukung pemerintahan nagari mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Rencana pembangunan sudah sedemikian rupa, apalagi dibungkus dengan 4 pilarnya Bupati Solok. Tinggal bagaimana semua elemen masyarakat wujudkan itu dengan komitmen bersama”, tutup Yondri.

Sementara itu dalam sambutannya Aisten I Drs. Rerizaldi, MM yang mewakili Bupati Solok mengatakan, terpilih Wali Nagari Talang Babungo mewakili Kab. Solok pada pemilihan wali nagari berkopetensi tingkat Sumbar, adalah sebuah tantangan bagi untuk membuktikan bahwa inovasi dalam pennyelenggaraan pemerintah nagari semakin hari berjalan dengan baik.

Pemerintah Daerah Kab.Solok  mendorong terwujudnya pemerintahan Nagari yang mandiri dan mampu berinovasi sesuai dengan 4 pilar. Diantaranya penularan ide-ide kreatif seperti di Nagari Talang Babungo ke nagari yang lain di daerah ini.

“Kepada Wali Nagari Talang Babungo, jadikanlah ini sebagai motivasi dan semoga Wali Nagari menjadi yang terbaik di Sumatera Barat,” kata Rerizaldi.

Di sisi lain, Ketua Tim Penilai Prov.Sumatera Barat, Drs. Asrul Syukur, MM mengatakan, lomba ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi wali nagari yang ada di Prov. Sumatera Barat dan yang dinilai adalah walinagari bukan nagarinya.

“Wali Nagari Talang Babungo harus berpandai-pandai dengan masyarakat, khususnya kepada anak nagari. Marilah kita sama-sama jalankan  roda pemerintahan untuk nagari dan  juga masyarakat yang kita cintai,” imbau Asrul Syukur.

Sementara itu Wali Nagari Talang Babungo, Zulfatriadi dalam eksposnya mengatakan, dalam memimpin nagari akan melakukan tiga hal. Yaitu melayani masyarakat sepenuh hati, memakai otak untuk berfikir positif dan keberanian untuk berbuat. Bersama masyarakat, juga terus menggerakkan seni budaya daerah sebagai usaha pelestarian ada istiadat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Dikatakan lebih jauh, di Nagari Talang Babungo juga sudah memberlakukan pos-pos pelayanan untuk melayani masyarakat di jorong-jorong yang ada. Jadi urusan cukup dipos pelayanan dan tidak usah repot ke Kantor Wali Nagari, jelasnya. ** Risko Mardianto/Hms

2550 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*