Tak Lama Lagi, Efriyon Coneng Akan Jadi Pimpinan DPRD Kota Solok

Efriyon Coneng.
Efriyon Coneng.

Solok, Editor .- Meski sempatdua kali gagal, tak mematahkan semangat Efriyon Coneng untuk berjuang untuk bisa berkarir legislatif, agar bisa menjadi penyalur aspirasi dan kepentingan masyarakat bawah yang diwakilinya.

Berbekal dengan pengalaman sebagai aktivis yang bekecimpung di berbagai organisasi semenjak 1997, Efriyon Coneng yang kini dipercaya sebagai Sekretaris DPC PAN Kota Solok, mulai melangkah ke jalur politik pada tahun 2009.

Didorong oleh keinginan dan motivasi yang kuat untuk mengabdikan diri dalam membangun daerah dan nagari, Efriyon Coneng, pria kelahiran 22 September 1971 ini membulatkan tekadnya untuk maju ikut berlaga dalam kontestasi politik 2019, yang baru saja digelar. Alhamdulillah. Jika tidak ada aral melintang, ia pun akan menduduki kursi tahta wakil ketua DPRD Kota Beras Serambi Madinah itu untuk periode 2019 – 2024.

Bermula di Jakarta, kiprah Efriyon Coneng sebagai aktivis dengan bergabung bersama IPSS (Ikatan Perantau Solok Sekitarnya). Selanjutnya, ia dipercaya sebagai wakil ketua IKBT (Ikatan Keluarga Besar Tenabang) dan juga sempat bergabung dengan LMRRI (Lembaga Misi Recklesering Republik Indonesia) disaat ketua umumnya Agustinus Kili Kili, serta wakil ketua organisasi Ampera (Angkatan Muda Perantau Sumatera).

Dia juga salah satu aktivis seperjuangan dengan Abraham Lunggana atau yang popular dengan julukan H.LuLung yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI, pada masa Reformasi 1998 lalu.

Setelah berkecimpung sebagai aktivis di ibukota, Efriyon Coneng yang biasa dikenal EC kembali ke tanah kelahirannya, Solok, dan bergabung dengan Parta PPPI (partai pengusaha dan pekerja indonesia).

Pengalamannya selama 12 tahun sebagai aktivis di kota metropolitan, EC dipercaya sebagai Ketua DPD PPPI ia ikut mengadu peruntungan dalam Pileg (pemiilihan anggota legislative) periode 2009 – 2014, namun gagal dengan perolehhan suara sebanyak 326.

Semenjak tu, ia kembali aktif di berbagai organisasi di Solok , diantaranya pada organisasi kepemudaan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) pernah menerima amanah sebagai Wakil Ketua, kemudian Wakil Ketua Pemuda Pancasila. Saat ini ia pun mendapat kepercayaan sebagai ketua IKKA (ikatan keluarga Kacang) dan sekretaris DPD PAN Kota Solok.

Dengan motto hidup “Bekerja Keras Jaga Integritas dan Kejujuran yang Utama”,  Efriyon Coneng yang juga akrab disapa Coneng ini pernah dipercaya senator asal Sumatera Barat H,Nofi Candra,SE sebagai Manager Operasional di NC Plaza  miliknya sejak tahun 2012 hingga 2018.

Pada tahun Pileg tahun 2014, ia juga maju mencalonkan diri melalui partai amanat nasinal (PAN), dan kembali gagal dengan perolehan 537 suara, dimana jauh lebih meningkat dibanding pada Pileg 2014.

Tidak patah semangat dengan kegagalan berturut-turut itu, Efriyon Coneng kembali maju dalam kontestasi politik yang puncaknya baru saja digelar 17 April lalu. Ia pun akhirnya secara sah di dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Solok Tahun 2019 yang digelar tanggal 3 Juli 2019 dan ditetapkan lolos ke parlemen Kota Solok dengan meraup suara sebanyak 969.

Bagi Efriyon Coneng, jabatan yang akan disandangnya ini merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat terlebih pada sang penguasa jagad raya. Dengan kerja keras, integritas dan kejujuran, ia bertekad amanah tersebut dapat diselesaikannya dengan tidak mengecewakan masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepadanya.

“Alhamdulillah, berkat Do’a dan dukungan keluarga, sanak family dan kawan – kawan semua serta masyarakat Kota Solok khususnya Dapil II Tanjung Harapan, saya mendapat amanah untuk mewakili suara masyarakat di lembaga legislative Kota Solok. Semoga amanah ini dapat dijalankan dengan sebaik – baiknya dan mohon ingati saya jika kelak jika ada hal-hal yang terlupa”, ungkap Efrion Coneng.

Bersama seluruh anggota DPRD terpilih periode 2019 – 2024 nanti, Efriyon Coneng juga berharap bisa membangun kemitraan dan kerjasama yang baik dengan pemerintah dan semua pihak dalam membangun Kota Solok untuk lebih Baik lagi sesuai dengan visi misi kota yang memiliki dua kecamatan itu. ** Mempe

582 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*