Tahun 2019 Telah Berakhir, Proyek Jembatan Gantung Batang Lamposi Masih Belum Rampung

Proyek tahun 2019 yang masih terbengkalai.
Proyek tahun 2019 yang masih terbengkalai.

Payakumbuh, Editor.- Pelaksanaan proyek pembangunan Jembatan Gantung Batang Lamposi Kelurahan Kotopanjang Dalam Kecamatan Lamposi Tigo Nagari(Latina) masih belum tuntas 100 %-persen, kendati tahun anggaran 2019 telah berakhir.

Pembangunan jembatan gantung yang sangat dibutuhkan petani di Kelurahan Kotopanjang Dalam itu, kemampuan dari perusahaan yang mengerjakan paket proyek senilai Rp 2,2Miliyar itu patut di pertanyakan .

Pasalnya, kontrak pekerjaan itu terhitung sejak 12 Agustus 2019, dan harus tuntas dalam tempo 142 hari kalender. Bila dihitung sejak tanggal kontrak 12 Agustus 2019 harus selesai pengerjaannya tanggal 31 Desember 2019. Kenyataannya sampai tanggal tersebut menurut pengamatan media ini baru selesai sekitar 50 % persen.

Pengamatan di lapangan yang baru selesai dikerjakan PT.Indothara Multi Artha sebagai pelaksana dengan konsultan supervisi PT. Jasa Mitra Manunggal baru pembuatan pondasi di sisi kiri dan kanan batang Lampasi lokasi jembatan, serta pemasangan  rangka tempat  gantungan.

Pemasangan rangka itu hanya dikerjakan oleh empat orang tenaga kerja yang di awasi oleh mandur dan wakil pelaksana. Dari sisi jumlah tenaga kerja yang sangat minim itu pantas pekerjaan tersebut terlambat.

Ketika  media ini akan konfirmasi kepada Sai selaku pelaksana lapangan PT. Indothara Multi Artha, ia tidak berada  di lokasi proyek, sementara Rizal yang mengaku juga petugas dari kontraktor pelaksana mengatakan Sai sedang keluar, tunggu saja nanti sore dia juga akan kembali ke sini (lokasi proyek red) , ujar Rizal.

Ketika diminta nomor kontak Sai untuk melalukan konfirmasi, Rizal mengaku dia tidak punya nomor kontak Sai selaku pelaksana lapangan.

Penyebab keterlambatan itu menurutnya, air sungai batang Lampasi yang sering meluap dan menghanyutkan jembatan darurat untuk melansir matrial sehingga mengganggu kelancaran pelaksanaan proyek tersebut, jelas Rizal ketika ditanya.

Sayangnya Rizal tidak tahu sudah berapa porsentase paket pekerjaannya. Tanya sama pak Sai saja katanya, sambil berlalu meninggalkan awak media ini.

Di lokasi proyek ini tidak ada deresiketnya atau kantor proyek tempat melihat desain jembatan dan tempat informasi kemajuan proyek. Di senyalir  Pelaksanaan proyek jembatan gantung Batang Lampasi  Kelurahan Kotopanjang Dalam ini kurang pengawasan dari pengawas lapangan, dan pemilik proyek PUPR Sumbar, sehingga  proyek tidak selesai tepat waktu. ** Yus

617 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*