Syahiran Lantik Direktur PDAM Pasbar

Simpang Empat, Editor.- Setelah melalui tahapan yang ketat, mulai dari seleksi administrasi, tes kesehatan dan terakhir melalui uji kelayakan dan kepatutan di hadapan tim ahli, Bupati Pasbar H. Syahiran didampingi Waka Polres Pasbar melantik Zulfikri sebagai Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Pasbar terpilih. Pelantikan berlangsung, Rabu (1/6), bertempat di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat.

Dalam sambutannya Bupari Pasaman Barat, Syahiran mengatakan, direktur terpilih memiliki tantangan yang lebih besar dalam upaya meningkatkan status PDAM dengan focus pada upaya perbaikan-perbaikan managemen dan pelayanan-pelayanan yang selama ini selalu dikeluhkan oleh masyarakat Pasbar.

Peranan pelayanan sangat penting dalam era sekarang ini terutama pada perusahaan yang bergerak dibidang jasa air minum, untuk dapat mengupayakan memberikan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih untuk masyarakat Pasbar.

Menurut bupati, direktur yang baru mesti tegas dan jangan sampai masyarakat Pasbar pelanggan air bersih selalu merasa dirugikan. Baik itu karena kualitas air yang tidak sesuai dengan standart yang telah ditentukan, aliran air yang macet atau aliran air yang didistribusikan kepada pelanggan mempunyai debit yang kecil, terjadinya kebocoran-kebocoran pipa atau keadaan air yang kuning.

Akibat semua itu, PDAM tidak hanya merugikan masyarakat sebagai pelanggan yang setiap bulan diwajibkan membayar. Bahkan, tidak jarang warga yang terlambat membayar dipermalukan oleh penagih dengan cara mendatangi rumah pelanggan, termasuk dilakukan pemutusan secara sepihak.

Untitled-1“Program subsidi yang diperuntukkan untuk warga miskin atau berpenghasilan rendah dalam memperoleh air bersih, apakah dengan pemberian diskon ataupun dengan pemasangan gratis, hendaknya jangan dimanipulasi lagi. Hal seperti ini sering kali terjadi di lapangan dimana masyarakat selalu membayar lebih dari diskon ataupun biaya subsidi yang telah ditentukan pemerintah. Dengan adanya program tersebut, warga masyarakat Pasbar diharapkan bisa menikmati kebutuhan air bersih, baik untuk minum, masak, mencuci, mandi, dan berbagai kebutuhan lainnya,” kata Syahiran.

Sementara itu Zulfikri direktur PDAM Pasbar yang baru menjelaskan, pihaknya akan memperluas cakupan pelayanan air bersih kepada seluruh masyarakat. Terutama masyarakat berpenghasilan rendah, sehingga tujuan dari SDG’s, yaitu menjamin ketersediaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua masyarakat di Pasbar.

Terkait dengan sumber daya manusia yang ada sekarang ini diperusahaan air minum daerah Pasbar akan dikelola dengan inovasi, kreatif dan efesiensi untuk mendayagunakan sumber daya yang ada, sekaligus dapat berkrontribusi terhadap pendapatan daerah sehingga PDAM Pasbar menjadi badan usaha yang mandiri.

“Insyaallah dalam waktu dekat kami akan melakukan pembenahan, intropeksi, konsolidasi serta perbaikan managemen internal. Semua kita lakukan karena hal ini muaranya pada peningkatan pelayanan dan kelancaran penyelenggaraan tugas agar lebih berdaya guna mampu memotivasi semangat kerja karyawan untuk keberhasilan dalam kinerja membangun PDAM,” kata Zulfikri. ** YR/T2i

 

1123 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*