Sungai Bayang Sani Meluap, Rumah Penduduk Terendam Air

Rumah warga Bayang yang terendam air.
Rumah warga Bayang yang terendam air.

Bayang, Editor.- Hujan deras yang mengguyur daerah Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan sejak pukul 16. WIB, Jum’at sampai pukul 18.00, mengakibatkan Sungai Bayang Sani meluap dan merendam rumah rumah penduduk.

Arnida warga Jorong Lubuk Pasing Kenagarian Lubuk Pasing Kecamatan Bayang Pesisir Selatan, Sumbar menuturkan, rumahnya juga terendam banjir dari luapan sungai Bayang Sani.

“Beda sekali jika sungai Bayang Sani mengalami banjir datangnya sangat cepat, bahkan warga setempat sering dikagetkan”, ujarnya.

Arnida pula ketika dihubungi lewat ponselnya menyebutkan, bantaran sungai Bayang Sani yang membelah Kenagarian Koto Berapak, Kenagarian Talaok, Kenagarian Lubuk Pasing, dan Kenagarian Kapeh Panji/masing masing kenagarian itu terletak di kecamatan Bayang. Hulu sungai Bayang Sani terletak di daerah Kenagarian Koto Baru Bayang yang hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari muaranya ke Sungai Batang Bayang.

“Seringkali sungai Bayang Sani membuat warga kelimpungan membereskan barang perabotan agar tak terkena air dari banjir Bayang Sani,” jelasn Arnida yang rumahnya memang terletak di dataran rendah begitu juga warga rumah penduduk yang lainnya.

Banjir Bayang Sani terkadang tak berlangsung lama karena cepat datangnya dan cepat menyusut jika Sungai Batang Bayang tak ikut meluap. Tetapi kalau Sungai Batang Bayang maka sungai Bayang Sani juga ikutan kelamaan menyusutnya.

Arnida warga Jorong Lubuk Pasing menyebutkan, ia terpaksa meletakkan barang barang dalam rumah di atas kursi dan meja saat banjir, serta mengaku sudah terbiasa dengan datangnya banjir sungai Bayang Sani.

Hal serupa juga diinfokan Walinagari Aur Begalung Kecamatan Bayang Musrial lewat ponselnya menuturkan, saat ini ia akan melintasi kawasan Jorong Tabek Aua Kenagarian Kapeh Panji jalan raya Bayang direndam banjir bandang sungai Bayang Sani.

“Yo tapaso oto baranang. Kok oto randah tapaso basaba dulu tunggu banjir menyusut,” ujar Musrial. ** Obral Chaniago

698 Total Dibaca 4 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*