Sukses Pileg dan Pilpres merupakan Sukses Kepala Daerah

Padang, Editor.- Sukses penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu 2019), anggota legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden merupakan sukses Kepala Daerah, oleh karena itu mari bersama-sama kita jaga stabilitas keamanan dan kenyaman di kabupaten kota se Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada saat memberikan sambutan acara pembukaan Rakor Pemprov. Sumbar dan Kabupateh/kota se Sumatera Barat di Pangeran Beach Hotel Padang, Selasa (21/8).

Hadir dalam kesempatan itu, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Bupati /Walikota, Kadis, Kabadan, Kabiro, Narasumber dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang BPN serta Kemendagri.

Lebih lanjut Irwan Prayitno menyampaikan, sukses dan lancarnya pelaksanaan pileg dan pilpres 2019 tidak terlepaskan dari data kependudukan. Sumatera Barat per 31 Desember 2017 memiliki jumlah penduduk 5.439.523 orang dan jumlah wajib KTP ( sia 17 tahun keatas) 3.913.865 orang (71,95 %).

Perekaman KTP per 30 Juli 2018, 3,625.010 orang (92,62 %) sisa 288.855 orang lagi yang belum direkam menjadi target sampai 31 Desember 2018 di 19 Kabupaten Kota se Sumatera Barat, ungkap Irwan

Gubernur juga mengatakan, untuk mendukung capaian dan target sesuai UU 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan, pemprov Sumbar telah melaksanakan antara lain. Pertama, Koodinator melakukan penyelenggaraan Asminduk di 19 K Kab/ko dengan pelaksanaan forum Kadis Capil Provinsi dan Kabupaten /Kota 5 kali setahun.

Kedua, pemberian bimbingan supervisi dan konsultasi dilakukan dengan berbagai acara bimbingan teknis dalam rangka pemutahiran data penduduk melalu aplikasi pelayanan dan data.

Ketiga menyajikan data kependudukan skala data kependudukan provinsi per semester dan buku profil kependudukan pertahun. Keempat, koordinasi pengawasan atas penyelenggaraan adminduk di kabupaten/kota – Provinsi – Pusat terkait berbagai hal.

Juga dilakukan pelaksanaan penilaian Disdukcapil sejak tahun 2017, dimana Disdujcapil Padang Panjang sebagai terbaik dan tahun 2018 ini ditetapkab Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman terbaik kabupaten dan terbaik kategori kota diraih dan Kota Sawahlunto.

Kepada Bupati dan Walikota se Sumatera Barat mengajak menuntaskan persoalan data kependudukan untuk menyukseskan pemilu Pileg dan Pilpres serentak tahun 2019 karena ini untuk pertama kalinya, perlu pengawas daerah lebih difokuskan dalam keamanan dan stabilitas daerah, himbaunya. ** Zardi\Hms

208 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*