STKIP PGRI Mengabdi di Cupak, Masyarakat Diminta Kreatif Antisipasi Covid 19

Cupak, Editor.- Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Solok untuk memerangi virus Corona (Covid-19). Salah satunya melakukan upaya sosialisasi bagi masyarakat agar wajib menjalankan kebijakan social distancing secara maksimal.

Selain itu, masyarakat diminta untuk lebih kreatif dalam mengantisipasi kelangkaan disinfektan. Jika sebelumnya masyarakat antusias membuat hand sanitizer sendiri, kini mulai marak pula membuat disinfektan. Berbagai cara dan formula membuat disinfektan pun beredar di grup percakapan Whatsapp dan media sosial.

Terkait dengan hal itu, anak nagari Cupak Ratulani Juwita, M.Pd Dosen Kimia STKIP PGRI Sumbar memberikan pengabdian dengan membuat disinfektan dan hand sanitizer untuk kebutuhan di Jorong- jorong yang berada di nagari Cupak sekitarnya. Menyikapi hal tersebut Wali Nagari Cupak Fatmi Bahar Dt.Tuo dan kepala Puskesmas Jua Gaek serta seluruh bidan Jorong yang ada di Nagari Cupak mengadakan rapat teknis pada hari Senin, (23/03) terkait mewabahnya (Covid 19) serta pembuatan disinfektan dan hand sanitizer oleh Dosen STKIP PGRI Sumbar Ratulani Juwita orang Solok anak nagari Cupak, Kec. Gunung Talang, Kab. Solok.

Kemudian pada hari Rabu malam (25/03) dilakukan penyemprotan Disinfektan selepas sholat Isya di semua Masjid dan Musholla di setiap Jorong serta di kantor Wali Nagari Cupak yang di dampingi oleh masing -masing Bidan Jorong. Cara yang tengah dilakukan secara mandiri oleh masyarakat Cupak saat ini adalah juga mensterilkan lingkungan rumahnya dengan membersihkan berbagai perabotan atau lokasi yang kerap  diakses seluruh penghuni rumah dengan disinfektan.

Kegiatan peduli ini perlu kita apresiasi, apalagi sosialisasi ini juga instruksi Bupati Solok H. Gusmal, kata Kabag Humas Setda Kab. Solok Syofiar Syam bersama seluruh jajarannya serta masyarakat setempat. Selain itu, Sosialisasi dilakukan menyasar seluruh masyarakat dengan memberikan pemahaman tentang budaya hidup sehat dan menjaga kebersihan guna mengantisipasi Covid-19.

Hadir pada kegiatan tersebut Kabag Humas Sekda Kab Solok Syofiar Syam. Walinagari Cupak Fatmi Bahar Dt. Tuo, Dosen STKIP PGRI Sumbar Ratulani Juwita, Kepala Puskesmas Jua Gaek dan Seluruh Bidan Di Jorong Nagari Cupak. ** Tiara/hms

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*