Sosialisasi Tata Kelola dan Implementasi E-Government di Pemkab Solok

Arosuka, Editor.- Inti dari e-government adalah terjadinya transformasi penyelenggara pemerintah menjadi lebih efektif dan akuntabel dengan memanfaatkan TIK. Keberhasilan penerapan e-government di Kabupaten Solok tidak bisa sepenuhnya diserahkan kepada dinas komunikasi dan informatika, tapi  sangat bergantung pada peran serta para pengambil kebijakan di seluruh OPD di Kab Solok.

Oleh sebab itu, lanjut Bupati Solok, Gusmal, SE, MM,  kami menginstruksikan kepada seluruh kepala OPD di lingkup pemda Kab Solok untuk terlibat sepenuhnya dalam implementasi e-government  ini. Terkait dengan impelemntasi e-government,  Kab Solok telah memulai dengan adanya beberapa aplikasi yang telah dioperasikan oleh beberapa OPD. Seperti SIPK dalam hal pengelolaan keuangan daerah, SAPK dalam hal pengelolaan administrasi kepegawaian, bursa kerja online dalam hal informasi pasar kerja.

Hal ini diungkapkan bupati Solok, Gusmal, pada sambutannya dalam acara Sosialisasi dan Koordinasi Tata Kelola dan Implementasi E-Government di Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok yang dilaksanakan di Ruangan Danau Singkarak, Arosuka, Kamis (2/2).

Lebih lanjut dikatakan, pelaksanaan e-government di Kab Solok bertujuan untuk mewujudkan pemerintahan yang efektif, efisien, transparan dan partisipatif berbasiskan teknologi informasi menuju good governance.

“Semoga acara sosialisasi ini memberikan dukungan penuh terhadap program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, dalam mewujudkan misi pemerintahan Kab Solok,” kata Gusmal.

Sebelumnya ketua pelaksana, Muliadi Marcos dalam laporannya mengatakan, ujuan dari pelaksanaan Acara Sosialisasi dan Koordinasi Tata Kelola Dan Implementasi E-Government ini adalah untuk terwujudnya simplikasi (kesederhanaan), otomatisasi dan transparansi sistem pelayanan publik, terwujudnya pengelolaan data base dengan sistem digital, terintegrasi dan aman dalam sistem server yang secure disamping tetap menggunakan sistem arsip konvensional, terwujudnya penyederhanaan alur  birokrasi dan sistem koordinasi sehingga lebih efektif dan efisien antara sesama aparatur/pejabat pemerintah, masyarakat dan pihak swasta melalui penerapan TIK serta terwujudnya budaya IT pada sistem pemerintahan daerah dan aparaturnya.

Peserta Acara Sosialisasi Dan Koordinasi Tata Kelola Dan Implementasi E-Government Di Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok Tahun 2017 berjumlah sebanyak 33 (tiga puluh tiga) orang.

Hadir pada kegiatan ini Staf Ahli Bupati, Aliber Mulyadi, Wakil ketua DPRD Kab Solok,  Septrismen, Kabid Pengelolaan Infrastruktur TIK Dinas Komunikasi dan Informartika Prov Sumbar  :Widya Prima Hatta serta seluruh kepala Spkd lingkup Pemda Kab Solok dan undangan lainnya. ** Febrian D’Gumanti. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

1600 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*