SMPN 1 Batipuh Siap Menuju Adiwiyata Propinsi Sumbar

Tanah Datar, Editor.- SMP Negeri 1 Batipuh siap  menuju Adiwiyata Propinsi. Hal ini dinyatakan oleh Kepala Sekolah H. Zulhadi,S.Pd didampingi oleh Ketua Komite dan ketua alumni kepada tim Adiwiyata Kabupaten yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pemungkinan Kabupaten Tanah Datar Ir.Dessy Trikorina,  Kamis lalu.

SMP Negeri 1 Batipuh telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mewakili untuk lomba Adiwiyata tingkat propinsi untuk tahun 2017 untuk tingkat SLTP bersama SMA Negeri 1 Lintau  Buo Kecamatan Lintau Buo Utara untuk tingkat SLTA  dan SDN 25 Ampaleh Kecamatan Tanjung Baru. Untuk tingkat SD yang penilaiannya untuk tingkat propinsi sekitar bulan April 2017 yang akan datang.

Adapun penilaian yang dilakukan dalam lomba Adiwiyata ini adalah; 1. Kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan dengan standar;a.Kurikulum Tingkat  Satuan Pendidikan (KTSP) memuat upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. b.Rencana Kegiatan  dan Anggaran Sekolah (RKAS) memuat program dalam upaya  perlindfungan dan pengeloalaan lingkungan hidup. 2.Pelaksanaan kurikulum berbasis  lingkungan  dengan standar ; a.Tenaga pendidik memiliki kompetensi dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran lingkungan hidup. b.Peserta didik melakukan kegiatan  pembelajaran tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. 3. Kegiatan lingkungan berbasis partisipasi dengan standar, a. Melaksanakan kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang terencana  bagi warga sekolah. b. Menjalin kemitraan dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan berbagai pihak (masyarakat,pemerintah,swasta.media.sekolah dan lain-lain).

4.Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan  dengan standar; a.Ketersediaan sarana parasarana pendukung yang ramah lingkungan. b.Peningkatan kualitas pengelola dan  pemanfaattan sarana dan prasarana yang ramah dengan lingkungan.

Pada kesempatan tersebut Zulhadi menyampaikan, untuk menghadapi penilaian dari propinsi, dia bersama komite telah mendapat bimbingan dari camat Batipuh, wali nagari Batipuh Baruah dan juga dari tim Adiwiyata kabupaten.

”Dengan turunnya tim Adiwiyata kabupaten ke sekolah ini untuk menilai dan juga memberikan bimbingan kepada kami apa-apa kekurangan dan masukan dari tim akan kami perbaiki dan juga akan dilengkapi supaya SMPN 1 Batipuh lolos di tingkat propinsi,” harap Zulhadi.

Ketua tim Adiwiyata Kabupaten yang diwakili oleh Dian Kumalasari ST menyatakan, sangat puas dengan persiapan yang telah dilakukan oleh SMPN 1 Batipuh dalam menghadapi penilaian tingkat propinsi nantinya. Namun kepala sekolah harus secepatnya membenahi apa-apa yang masih kurang di sekolah ini. ** Jum

1315 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*