SMAN 1 Harau Terapkan Sistim tanam Hidroponik

Limapuluh Kota, Editor.-  Untuk mengisi kekosongan kebun pekarangan sekolahnya SMAN 1 Kecamatan Harau menerapkan budidaya tanaman dengan cara sistem hidroponik. Sistem tanam hidroponik ini ialah suatu sistem ramah lingkungan dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Kepala sekolah SMAN 1 kecamatan Harau Drs.Afrizal kepada Wartawan Senin (6/6) mengatakan, sistem tanam dengan sistem hidroponik ini diterapkan oleh siswanya dengan memanfaatkan lahan seminimal mungkin, bertujuan untuk menambah ruang terbuka hijau di lingkungan sekolah.

“Sistem hidroponik ini sangat ramah lingkungan dan tidak memakan tempat, jadi saya dan guru lainnya mengajak siswa kami untuk mempelajari dan mempraktekkan sistem tanam dengan cara ini, selain itu mengajak siswa bercocok tanamam agar dapat menambah ruang terbuka hijau disekolah kita,” kata Afrizal.

Dikatakannya sistem tanam ini sangat menguntungkan, selain masa panen lebih relatif cepat sistim ini juga dinilai lebih sehat dan segar karena tidak memakai pestisida jika dibanding dengan pola tanam konvensional. “Dengan memakai sistem tanam ini hasil panennya lebih cepat dan sayur yang dihasilkan sehat dan segar, namun yang terpenting tidak memakai pestisida,” sambungnya.

Afrizal menambahkan, dengan adanya budidaya hidroponik yang di praktekkan oleh siswanya dapat memberikan teladan serta contoh kepada masyarakat pada umumnya, terutama masyarakat yang hobi bercocok tanam atau yang bergelut di bidang pertanian. ** Yus

707 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*