Siswa dan Guru Gugus 1 Kec. Matur Gelar Apresiasi Pentas Seni dan Budaya

Apresiasi pentas seni dan budaya di Matur.
Apresiasi pentas seni dan budaya di Matur.

Matur, Editor.- Kelompok sekolah dari Gugus 1 Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, membuat perhelatan seni yang patut diacungi jempol. Kegiatan tersebut mereka beri judul “Apresiasi Pentas Seni dan Budaya Gugus 1 Kecamatan Matur”, Kamis (3/10).

Kegiatan yang diikuti oleh 7 sekolah dasar yang tergabung dalam Gugus 1 ini mengemas acara dengan apik. Ada pertunjukan tambua, tari tradisi, silat, drumband, dan pidato adat, yang ditampilkan oleh siswa-siswi Sekolah Dasar yang tergabung dalam Gugus 1 Kecamatan Matur. Selain itu juga ada pameran lukis karya siswa dan guru. Menariknya, guru-guru TK/PAUD yang berada di sekitar daerah Gugus 1 ini juga ikut andil dengan melakukan aksi melukis bersama di atas wadah sepanjang 31 meter, dengan teknik finger painting.

Menurut Tarmizi (65), salah seorang guru menggambar dari salah satu sekolah yang juga motor dari kegiatan ini mengatakan, Apresiasi Pentas Seni dan Budaya pertama kali dilakukan, dan langsung digelar di arena terbuka dengan melibatkan dan mengundang banyak orang. Dari tamu yang hadir terlihat ada Camat Matur, dan juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Agam yang membuka acara secara resmi.

“Kegiatan apresiasi seni dan budaya Gugus 1 Kecamatan Matur sengaja digelar di tengah lapangan bola Kecamatan Matur agar bisa dilihat oleh banyak orang, terutama oleh orang tua murid, serta masyarakat Matur pada umumnya. Alhamdulillah, acara ini sangat didukung oleh Guru-Guru, Camat dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Agam,” kata Tarmizi.

Meski cuaca kurang bersahabat dan sempat diguyur hujan, namun peserta kegiatan tidak terlihat patah semangat. Setelah hujan reda, siswa-siswi tetap menampilkan pertunjukannya di lapangan yang basah. Bahkan Grup Dayung-Dayung yang sengaja diundang pada acara ini tetap antusias menampilkan pertunjukan musikalisasi puisinya. Menurut Gondan Gerhana (36), musisi dari Grup Dayung-Dayung,  acara Apresiasi Pentas Seni dan Budaya oleh sekolah yang ditata dengan baik seperti ini pantas untuk diapresiasi. “Dayung-Dayung sangat mengapresiasi kegiatan kesenian yang yang digelar oleh sekolah seperti ini. Meski sempat hujan, dan pertunjukan sempat tertunda lebih kurang 1 jam dari jadwal pentas menunggu hujan reda, Dayung-Dayung tetap semangat menampilkan musikalisasi puisi sebagai bentuk apresiasi kami pada siswa-siswi dalam daerah Gugus 1 Matur pada umumnya.”

Hal serupa juga ditimpali oleh Aan (26), warga yang tinggal di kecamatan Matur yang khusus datang menonton acara. Menurutnya kegiatan serupa sangat besar memberi informasi kepada masyarakat Matur tentang karya-karya seni yang dibuat oleh siswa-siswi di sekolah.

“Acara ini sangat bermanfaat sekali bagi kami, masyarakat Matur. Ternyata adik-adik kami banyak yang berbakat seni, dan sudah mulai membuat karya-karya seni di sekolah. Semoga saja sekolah dari gugus lain juga membuat kegiatan yang sama,” ujar Aan. ** Yudis

931 Total Dibaca 10 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*