Silaturahmi Perantau dan Pemuda IKWAL Bandung Dihadiri Ribuan Perantau

Bandung, Berita Editor.- Silaturahmi Perantau dan Pemuda Minang Jawa Barat, IKWAL (Ikatan Keluarga Wilayah Lengayang) Bandung dihadiri ribuan perantau Minang asal Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dan memadati gedung Balai Prajurit (Gedung Biru), Jl. Kopo Soreang KM. 9,3 Lanud Sulaeman Kabupaten Bandung, Jumat, 20/10/2017 malam.

Penampilan artis-artis Minang, Ratu Sikumbang, Ipank, Alfina Braner, Jon Paris, Amdera dan Afid Peto Alam memukau tamu undangan, bahkan hampir semua pengunjung mengabdikan melalui gadget setiap penampilan para artis tersebut.

Siturahmi Perantau Minang Jawa Barat Pemuda IKWAL Bandung dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesisir Selatan, Efa Fausa Yuliasman,SE.,M.Si, Ketua Perkumpulan Keluarga Minang (PKM) Jawa Barat, Asril Das, Perwakilan Gebu Minang Jawa Barat, dan Niniak Mamak Alim Ulama di Jawa Barat, dan Perwakilan IKWAL Jakarta.

Ketua Umum Pemuda IKWAL Kota Bandung, H. Faisal Kampai mengatakan perantau Minang di Kota Bandung ini berjumlah lebih kurang 14.000  orang. IKWAL Bandung terus berupaya merangkul perantau Minang yang ada di Jawa Barat untuk selalu bersinergi dalam membangun kampung halaman,” ungkap Faisal kepada Tabloid Berita Editor ketika ditemui disela-sela kegiatan.

Menurut Faisal merantau suatu tradisi budaya urang Minangkabau, selain untuk berusaha juga mempelajari ilmu pengetahuan, ketrampilan dan mencari pengalaman. Selain itu tradisi merantau juga menambah kekerabatan dengan etnis lain.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Pesisir Selatan, Efa Fausa Yuliasman,SE, M.Si menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya dari Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni yang berhalangan hadir karena ada kegiatan Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Pesisir Selatan. Padahal sudah diagendakan 4 bulan yang lalu untuk menghadiri acara Silaturahmi Perantau Minang Jawa Barat Pemuda IKWAL Bandung ini,” kata Efa yang juga warga Lengayang.

Kekompakan IKWAL Bandung kata Efa, sangat luar biasa, gedung prajurit ini penuh dengan warga Lengayang, ini salahsatu bukti keharmonisan yang terjalin perantau Lengayang di Bandung. Kita harapkan keluarga kita ada yang di Bandung selalu damai, saiyo sakato, saling membantu, dan bergotongroyong. Selama ini perhatian IKWAL Bandung untuk kampung halaman sudah dirasakan, salahsatunya bantuan ketika banjir bandang melanda Pasir Putih yang begitu cepat tanggap memberikan bantuan. Dengan semakin berkembangnya IKWAL Bandung ini, mudah-mudahan perhatian untuk kampung halaman semakin besar lagi,” ungkap Efa didamping Faisal kepada Berita Editor.

Penampilan artis-artis Minang menambah semangat perantau Minang untuk berlama-lama di gedung Prajurit tersebut, dan diselingi dengan lelang singgang ayam. ** Edwandi

1310 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*