Sidang Komisi 3 DPRD Pasbar Tertutup Bagi Wartawan

Gedung DPRD Pasaman Barat.
Gedung DPRD Pasaman Barat.

Simpang Empat, Editor.- Rapat Komisi 3 DPRD Kabupaten Pasaman Barat beserta Dinas PUPR,  Kamis (10/10/2019) di ruangan komisi 3 di Padang Tujuh Pasaman Barat, tidak terbuka kepada media massa.

Hal itu sangat disayangkan, di saat era keterbukaan informasi public masih ada perlakuan yang tidak etis bagi kalangan jurnalis yang ingin meliput dan menyuguhkan kan berita ketengah khalayak masyarakat Pasaman Barat.

Sebagai mana yang telah di amanatkan dan dilindungi oleh UUD pokok  pers Nomor 40/1999 tentang pers pasal 18 ayat 1, setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja menghambat atau menghalangi terhadap tugas pers di pidana penjara paling lama 2(dua) tahun atau denda paling banyak Rp 500.000.000.- (lima ratus juta).

Rapat tersebut berawal dari Komisi 3 dengan Bappeda, DLH, Dishub, PUPR dan Perkim. Namun ketika pada giliran rapat dengan dinas PUPR akses wartawan dibatasi dengan menutup pintu, sehingga wartawan yang bertugas saat itu tidak dapat mendengar rapat tersebut berlangsung. Sehingga menimbulkan asumsi wartawan dihalangi dalam mendapatkan berita.

Ketika rekan media mengkonfirmasi kan hal tersebut kepada Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat Ir Farizal Hafni di rumah dinasnya mengatakan, akan minta keterangan Ketua Komisi 3 H. Baharuddin R.

“Seharusnya itu terbuka kepada Media sesuai tugas media pers adalah sosial kontrol,” katanya.

Dirwansyah Wakil Ketua Komisi 3 mengatakan, hal itu tidalah di sengaja dan  kami tidak ada melarang melakukan peliputan walaupun pintu di tutup bukan berarti wartawan tidak boleh mendengar atau meliput rapat.

Sementara itu Ketua DPC SPRI Pasaman Barat. Irtizamin, Ss mengingatkan agar hal seperti ini tidak terulang lagi di kemudian hari. Jika memang itu yang terjadi hal itu sayangkan. ** Arwin

254 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*