Siap Laksanakan PSBB, Pemkab Solok Gelar Rapat Penerapan dan Pengimplementasian

Rapat di Guest House Arosuka.
Rapat di Guest House Arosuka.

Arosuka Editor.- Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM meminta kepada tim gugus tugas pencegahan Covid-19 untuk membagi tugas dan menyiapkan SK untuk mempermudah cara kerja dalam mensukseskan PSBB di Kabupaten Solok. Selian itu juga berharap kepada Forkopimda dan tim gugus tugas untuk bergerak bersama dan siap mendukung pelaksanaannya.

Hal itu diungkapkan bupati pada rapat  pelaksanaan dan penerapan PSBB di Kabupaten Solok, bertempat di Guest House Arosuka, Rabu (22/2).

Pada kesempatan tersebut menyampaikan beberapa poin yang harus diperhatikan. Poin yang pertama adalah pembatasan arus  orang dan barang masuk ke Kab Solok yang harus dibatasi. Muatan kendaraan harus 50% dari kapasitas yang sebenarnya serta kendaraan roda 2 tidak boleh berboncengan.

Poin yang kedua adalah tentang penggunaan masjid yaitu penutupan masjid untuk kegiatan ibadah berjamah seperti shalat jumat,shalat fardu berjamaah,shalat taraweh dan kegiatan pengajian yang diganti dengan ibadah dirumah, karena masih adanya masyrakat yang bersikeras untuk melanggar itu maka bupati minta kepada tim gugus tugas untuk mengawal dan memberikan teguran kepada masyarakat yang masih membandel tersebut.

Poin yang ketiga mengenai operasinal pasar yang boleh beroperasi dari jam 06.00.wib s/d jam 14.00, Dan barang yang dijual hanya kebutuhan pokok sehari-hari, serta pedagang /pengurus pasar harus menyediakan tempat cuci tangan dan diwajibkan memakai masker dan disarankan sesudah berbelanja langsung pulang kerumah.untuk pasar yang beroperasi dihari jumat agar ditutup dan diganti dengan hari lainya. Poin yang keempat adalah mengenai sitem cek poin di setiap nagari,tolong bentuk tim untuk memonitor dan menjadi penanggung jawab cek poin di setiap nagari.

Selanjutnya bupati mengintruksikan kepada Wabup selaku penanggung jawab gugus tugas untuk menindak lanjuti hasil rapat ini dan melanjutkan rapat ini guna membagi tugas dan membuatkan SK pembagian tugasnya

Sebelumnya Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH yang juga sekaligus Ketua Gugus Tugas  Perrcepatan dan Pencehgahan Covid-19 melaporkan, rapat tersebut dilaksanakanh dalam rangka menitik beratkan persiapan kita dalam penerapan PSBB di Kabupaten Solok

Melalui laporan yang masuk ke posko utama Covid-19 dari tim monitoring yang dibentuk, semua nagari di Kabupaten Solok sudah bergerak dan ikut aktif dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Tim gugus tugas juga sudah memberikan pembinaan dan sosialisasi kepada kecamatan dan nagari-nagari tentang penerapan PSBB ini.

“Dari pantau kami masih ada hal-hal yang dapat memicu terjadinya konflik ditengah-tengah masyarakat. Seperti masih adanya beberapa masjid yang masih melakukan shalat berjamaah, tidak menggunakan masker ketika keluar rumah dan masih ditemukanya masyarakat yang berkumpul. Selain itu adanya desakan dari masyarakat untuk segera membagikan bantuan, baik itu dari pusat, kabupaten maupun nagari,” jelas Yulfadri.

Disisi lain Dandim 0309 Solok Letkol Arm Reno Triambodo mengatakan, kami dari kodim 0309 solok yang tergabung dalam tim gugus tugas siap untuk mengawal penerapan PSBB di Kabupaten Solok.

“Dengan penerapan PSBB ini hal yang perlu diwaspadai adalah adanya potensi timbulnya konflik untuk itu kita harus bergerak cepat untuk meredam semua itu dengan memberikan sosialisasi. Kita harapkan kesadaran dari masyarakat untuk menaati peraturan yang berlaku selama PSBB berlangsung,” kata Reno Triambodo.

Sementara itu Kapolres Solok Arosuka AKBP Azhar Nugroho, SH, SIK menegaskan, Polres Solok Arosuka  sangat mendukung dan siap untuk mengawal pelaksanaan PSBB di Kabupaten Solok dan sudah  menempatkan anggota di lapangan dalam mendukung pelaksanaan PSBB ini.

Hadir pada rapat tersebut Bupati Solok H.Gusmal, SE, MM, Wakil Bupati Solok Yufadri Nurdin, SH, Ketua DPRD Kab Solok Jon F Pandu, Kejari Solok Donny Haryono, SH, Sekda Aswirman, SE, MM, Dandim 0309 Solok Letkol Arm Reno Triambodo, Kapolres Solok Arosuka AKBP Azhar Nugroho, SH, SIK, Kapolres Solok Kota Ferry Suwandi, SIK, Askor bidang Pemerintahan Edisar, SH, M, Hum, Askor Bidang Eksbangkesra, Medison, S,Sos ,M.Si, Askor Bidang administrasi Sony Sondra, SE, M.Si, Kasat Pol PP dan Damkar, Drs. Efriedi, MM, Kakan Kesbang Pol Junaidi, S.Sos dan Kepala SKPD dilingkup pemerintah Kabupaten Solok. ** Tiara/Hms

 

260 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*