Setiap Kenderaan Harus Punya BPKB

Padang, Editor – Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) merupakan salah satu dokumen wajib yang memiliki fungsi sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor.

Tanpa BPKB, pemilik kendaraan tidak akan mendapatkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan rizin untuk mengoperasikan kendaraan tersebut.

“Hal ini karena setiap kendaraan bermotor baru wajib melakukan registrasi dan identifikasi. Setelah melalui proses itu, akan diberikan BPKB dan STNK. Maka, bila kendaraan tidak ada dokumen tersebut, tandanya tidak boleh digunakan,” kata  Kasubdit Min Iden  Ditlantas Polda Sumbar Kompol Joni D kepada www.portalberitaeditor.com, Rabu (30/9)

Adapun aturan yang mengatur hal tersebut, yaitu Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

“Kemudian terkait tarif BPKB sendiri, berdasarkan PP Nomor 60 tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ialah Rp 225.Ribu  tambah biaya Cek Fisik Sepada Motor 75 Ribu untuk roda dua total dan Rp 300 Ribu Tanpa Kwintasi .”   kata Kompol Joni D

Berikut beberapa syarat dan langkah yang harus dilalui dalam pengurusan BPKB;

1.Mengisi Formulir Permohonan BPKB serta hasil cek fisik kendaraan Anda, bawa kendaraan Anda ke Samsat untuk dilakukan Cek Fisik

2.Menyerahkan seluruh persyaratan yang sudah lengkap ke Loket BPKB

3.Sertakan Bukti Pembayaran ke Loket BPKB, lalu Anda akan menerima bukti telah menyerahkan berkas persyaratan. Simpan bukti tersebut untuk menebus BPKB baru

4. Proses pembuatan BPKB baru memerlukan waktu hingga satu minggu, Anda tinggal mengambilnya sesuai waktu yang ditentukan pihak Samsat. ** Afridon.

 

180 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*