Sesko TNI dan ITB Kerjasama dengan UNP

Padang, Editor.- Universitas Negeri Padang (UNP) telah meresmikan dua kerjasama dengan dua instutusi pemerintah, Kamis (6/4), melalui penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (Memorandum of Understanding, MoU).

Paginya dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), siangnya dengan Sesko TNI. Penandatangan MoU dengan ITB berlangsung di Gedung Serbaguna Fakultas Teknik UNP, langsung dihadiri duo rektor, Rektor UNP, Prof Ganerfri dan Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi. UNP menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) dengan ITB, instusi pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia tersebut, guna mendukung penguatan kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh UNP dimasa mendatang terutama di Fakultas Teknik dan FMIPA.

Penandatangan Nota Kesepahaman tersebut dilaksanakan dirangkai dengan kuliah umum yang dihadiri ratusan mahasiswa dan pimpinan fakultas selingkungan UNP. Rektor UNP, Ganefri menyatakan, kerja sama yang dijalin bersama ITB meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pelatihan.

Selain itu kerja sama dalam penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengembangan sumber daya, kegiatan ilmiah, kajian ilmiah, seminar, dan lokakarya. Kedua universitas juga sepakat untuk bekerja sama meningkatkan dan mengembangkan kompetensi sumber daya manusia.

Rektor ITB, Prof Kadarsah mengungkapkan kerja sama kedua universitas dalam penyelenggaraan pendidikan dosen, mahasiswa dan pekerja. UNP dan ITB pun sepakat untuk mengadakan penelitian terintegrasi dengan memanfaatkan teknologi, kompetensi, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh para pihak.

Selain itu, menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang memberikan nilai tambah bagi kedua universitas dan masyarakat sekitar. Selain dengan ITB, UNP bekerja sama juga dengan istitusi pendidikan tinggi kemiliteran, Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI.

Peresmian kerjasama dengan Sesko TNI juga melalui penandataganan Nota Kesepahaman Bersama, MoU. Penandatanganan yang dilaksanakan pada Kamis (6/4) siang itu di Ruang Sidang Rektor UNP, Gedung Rektorat UNP yang lama ini dihadiri wakil Rektor UNP 2 dan 3, Syahril,Ph.D dan Prof. Ardipal serta Komandan Sesko TNI, Letnan Jendral TNI Agus Sutomo, yang diwakili Direktur Kerjasama Akademik Sesko TNI, Didied Pramudito, disaksikan Dandrem 032/ Wirabraja, Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari.

Rektor UNP, Prof Ganefri pada kesempatan ini mengatakan bahwa kerjasama ini untuk saling memberikan nilai lebih bagi kualitas sumber daya manusia.

“UNP dan Sesko TNI sama-sama bagian dari pemerintah yang menyiapkan kader-kader pemimpin bangsa, apalagi dalam menghadapi tantangan di masa sekarang,” ungkap Ganefri.

Ia juga menambahkan bahwa sumber daya manusia yan unggul akan meningkatkan daya saing Indonesia di kancah internasional. Pemuda Indonesia sekarang yang kelak akan memegang Indonesia Emas menjadi tanggung jawab bersama, khususnya UNP dan Sesko TNI yang sama-sama bergerak di bidang pendidikan.

Direktur Kerjasama Akademik Sesko TNI, Didied Pramudito, menyatakan bahwa kemitraan ini deperlukan dengan saling mendukung serta mampu menyiapkan generasi muda yang terus waspada, jeli, dan responsif terhadap lingkungan di sekitarnya.

Dalam pertemuan ini juga Prof. Ganefri menyampaikan pencapaian UNP dalam menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat akan ditingkatkan dimasa-masa mendatang. Berbagai inovasi yang berasal dari ITB serta bisa diterapkan langsung untuk membantu masyarakat. ** Agusmardi

913 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*