Sembilan Pejabat Padang Panjang Berebut Kursi Sekda

Kantor Walikota Padang Panjang.
Kantor Walikota Padang Panjang.

Padang Panjang – Lowong sejak 2017 lalu, posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Panjang kini jadi rebutan dan persaingan sejumlah pejabat Eselon-II. Proses seleksi perekrutan calon mengisi posisi Sekda yang defenitif sudah berjalan sejak minggu ke-3 Januari lalu. Tercatat 9 orang pejabat Eselon-II yang ikut, semuanya dari kota kecil itu, kosong dari luar daerah.

Kesembilan pejabat Eselon-II dari lingkungan Pemko Padang Panjang itu menurut Sekretaris Badan Kepegawain Daerah (BKD) setempat, Hendra dan Kabid Mutasi, Januardi, terdiri Indra Gusnadi, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) dan Plt. Sekda Kota Padang Panjang, Sony Budaya Putra (Kepala Bappeda), Yas Edizawin (Kepala Dinas PU).

Berikut, Syahdanur (Kepala Dinas Pertanian), Desmon (Kepala Dinas Pendidikan), Nuryanuar (Kepala Dinas Kesehatan) Martoni (Kepala Dinas Sosial), I Putu Venda (Kepala Dinas Perhubungan), dan Zulkifli (Sekretaris DPRD Kota Padang Panjang).

Proses seleksi yang mereka ikuti mulai dari pendaftaran sebagai calon Sekda Kota Padang Panjang serta kelengkapan syarat administrasi. Berikut, test tulis, test psychology, wawancara, sampai penulisan makalah dan presentasi. Khusus test psychology dilakukan bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) di kampus UNP Bukittinggi, Sabtu (27/1).

Sedang test tulis, wancara, penulisan/presentasi makalah yang digelar di Padang Panjang pada 26, 29 dan 30 Januari 2018 melibatkan tim penguji dari Asisten-III Sekdaprov Sumbar, Nasir Ahmat, pamong senior yakni Rusdi Lubis dan Yohanes Dahlan (mantan Sekdaprov Sumbar), dan akademisi Dr.Yuslim (pakar hukum Unand) dan Dr.Dwi Fitry Puspa (pakar ekonomi UBH Padang).

Unrtuk diketahui, jabatan Sekda Padang Panjang lowong sejak 2017 lalu, karena pejabat defenitifnya, Prof.Dr.M.Edward Juliarta mengundurkan diri. Prof.Edward, yang juga guru besar pada salah satu perguruan tinggi di Palembang ini balik ke Palembang. Untuk mengisi kekosongan, Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis menunjuk Indra Gusnadi sebagai Plt. Sekda.

Lalu, siapakah dari ke-9 pejabat itu bakal lolos jadi Sekda Padang Panjang? Mari kita tunggu. Yang jelas, dari data milik Editor, mereka umumnya pernah duduk di dua jabatan Eselon-II berbeda. Indra Gusnadi, alumni magister sains ekonomi UGM Yogya ini, pernah menjabat Kepala Bappeda, terus Kepala BPKD dan Plt.Sekda.

Demikian pula dengan Sony, sebelum jadi Kepala Bappeda, dia pernah di Asisten-I Sekdako. Syahdanur, sebelum jadi Kadis Pertanian, pernah sebagai Kepala Inspektorat dan Plt. Sekdako. Yas Edizarwin, pernah di Sekretaris DPRD, Kadis Sosial, dan kini Kadis PU. Martoni sebelum jadi Kadis Sosial, tadinya Kepala BKD.

Terkait persaingan ke kursi Sekda ini, pandangan mendiang Walikota ke-12 Padang Panjang, Loekman Gindo menarik disimak. Inti tugas seorang Sekda kota/kabupaten menurut alumni IIP dan Lemhanas itu ialah mengaplikasikan secara administrasi tiga tugas/kewenangan pokok kepala daerah yakni sebagai administrator pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. ***BJ/Yet-

 

 

2540 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*