Sekdaprov Sumbar Ali Asmar, Perlu Penanaman Akhlak Buat Generasi Muda

 Padang. Editor –  Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatra Barat (Sumbar), Ali Asmar mengingatkan masyarakat Sumbar, terutama generasi muda untuk lebih mencintai Nabi Muhammad SAW. dan meneladani kemulian akhlaknya. Untuk itu, membentuk karakter generasi muda yang memiliki akhlak seperti Nabi Muhammad SAW perlu dimulai dari lingkungan tempat tinggal.

“Oleh karena itu dibutuhkan peran orang tua dan keluarga, ditambah dengan lingkungan sekitarnya untuk menanamkan ilmu keagamaan. Sehingga, dengan memiliki ilmu keagamaan maka akan memiliki akhlak yang baik. Bisa jadi, akhlak yang dimiliki dengan penanaman ilmu agama dapat menyerupai akhlak Nabi Muhammad SAW,” ujarnya usai menghadiri kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H di Masjid Raya Sumbar, Jumat (8/12).

Dikatakannya, saat ini yang sangat dikuatirkan pemerintah bukan hanya persoalan terkait perekonomian maupun pemerintahan. Namun juga menyangkut dengan akhlak generasi muda kedepannya.

“Untuk itu, perlunya menanamkan akhlak yang baik kepada generasi muda. Karena, mereka merupakan generasi penerus. Bisa jadi ada diantara generasi muda yang akan memipin bangsa ini kedepannya,” katanya.

Disebutkan Sekda, peran orang tua dan keluarga ini dalam kehidupan sehari-hari dengan memulai membawa anak ke mesjid. Sehingga, ini merupakan jalur menciptakan kader generasi yang memiliki akhlak yang mulia.

“Tidak hanya itu, ikut aktifnya anak ke mesjid. Apalagi, saat ini ada kegiatan didikan subuh merupakan upaya menanamkan ilmu keagamaan,” tuturnya.

Tambahnya, Pemprov Sumbar juga melakukan penilaian aktivitas didikan subuh di beberapa mesjid dengan menurunkan tim penilai yang melakukan penilaian di pada mesjid di Kabupaten dan Kota untuk memilih mesjid yang terbaik dalan penyelengaraan didikan subuh.

“Jadi lomba aktivitas didikan subuh yang diselengarakan ini memilih mesjid yang terbaik dalam menyelengarakan didikan subuh. Dan, mesjid yang terbaik dan peserta tidak hanya berada di Padang saja. Namun juga, di Kabupaten/Kota,” tuturnya.

Sementara itu, Penceramah  H. Mas’oed Abidin mengatakan, bahwa cara meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW dengan menumbuhkan kecintaan kepada beliau. Sebab, dengan mencintai Nabi Muhammad SAW maka merupakan jenjang menuju kecintaan kepada Allah SWT. Apalagi jika mendengar shalawat kepada Nabi. Maka ikutilah mengucapkannya jangan sampai tidak mengikutinya. Sebab, orang yang paling kikir ketika mendengar shalawat namun tidak mengucapkannya.

“Jadi, dari sekarang tanamkan dan tumbuhkanlah kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Maka, surga Allah SWT merupakan tempat baginya,” pungkasnya. ** Bok/Zardi/Hms 

639 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*