Sekdakab Pasaman Mara Ondak, Kukuhkan Forwana Kab. Pasaman 2019 – 2022

Pelantikan pengurus Forwana di gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping di bacakan sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Mara Ondak.

Lubuk Sikaping, Editor.- Rapat koordinasi penyelenggaraan Pemerintah Nagari bersama Wali Nagari se-Kabupaten Pasaman, serta Pengukuhan pengurus Forum Wali Nagari (Forwana) periode tahun 2019 digelar di gedung Syamsiar Taib Kabupaten Pasaman Sumatera Barat 2019 – 2022, Rabu (2/10).

Hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Mara Ondak, Asisten Asisten 1 Drs Mulyatmin, Staf Ahli,kepala SKPD/kapala bagian di lingkungan pemerintah  Pasaman, pimpinan Cabang BPJS Bukit Tinggi, Wali Nagari dan Pj. Wali Nagari Persiapan se-Pasaman serta pengurus Forum Wali Nagari Kabupaten Pasaman.

Sekretaris Daerah Mara Ondak  sangat mengapresiasi pembentukan Forum Wali Nagari Kabupaten Pasaman tersebut. Karena bagaimanapun, kehadiran wadah organisasi seperti ini jelas akan sangat penting artinya dalam meningkatkan hubungan kerjasama dan membangun semangat  kebersamaan diantara jajaran pemerintahan nagari dan masyarakat.

“Kehadiran Forum Wali Nagari se-Kabupaten Pasaman nantinya juga di harapkan bisa melahirkan berbagai ide-ide serta gagasan yang bersifat membangun, khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat banyak yang ada  di daerah ini. Untuk itulah kita tentu berharap agar kehadiran Forum Wali Nagari se-Kabupaten Pasaman ini nantinya bisa menjadi tulang punggung sekaligus sebagai penyambung aspirasi masyarakat untuk kemudian menjembataninya dengan pemangku kepentingan. Seperti pihak DPRD maupun jajaran pemerintah daerah.” harap Mara Ondak

Lebih lanjut dikatakannya, dengan kehadiran sebuah organisasi seperti ini tentunya bagaimana kita bisa lebih memajukan pembangunan di Pasaman untuk ke depannya. Untuk itulah perlunya semangat kebersamaan, sehingga apapun yang akan kita rencanakan nantinya bisa terwujud seperti diharapkan.

Pemerintah Kabupaten pasaman melalui Asisten 1 Drs Mulyatmin menyampaikan dalam sambutannya, kami mengucapkan selamat kepada saudara – saudara yang baru dikukuhkan sebagai pengurus Forwana Pasaman yang baru dan terima kasih kepada pengurus lama yang sudah habis masa jabatannya.

Mengingat pembangunan ditingkat Pedesaan menjadi Prioritas Presiden mengharapkan  kemajuan dan peningkatan kesejahteraan secara merata, ini menjadi peluang besar seluruh Wali Nagari, Badan Musyawarah (Bamus) dan masyarakat supaya berbuat leluasa dalam menetapkan arah kebijakan pembangunan di semua sektor ,”katanya.

Mulyatmin juga mengingatkan terkait pengelolaan keuangan Nagari perlu perhatian penting mengingat kucuran dana cukup besar bahkan setiap tahun mengalami peningkatan, apalagi dalam pengelolaan keuangan harus Transparan, Akuntabel, Partisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan  disiplin Anggaran.

Dengan diadakan Rakor ini pengelolaan Dana Nagari di Pasaman yang sumbar pendapatanya antara lain meliputi Dana Nagari, Alokasi Dana Nagari, bantuan Provinsi, bantuan kabupaten dan bagi hasil Pajak. Juga menegaskan jangan sampai para Wali Nagari dan Aparat Nagari terbawa ke ranah hukum disebabkan kesalahan pengelolaan keuangan Nagari.

“Mari kita jaga nama baik kabupaten Pasaman yang kita cintai,” katanya.

Pengurus Forum Wali Nagari Kabupaten Pasaman tersebut dikukuhkan oleh Sekretaris Daerah  Mara Ondak, yang mana Ketua dijabat oleh Asparuddin (Wali Nagari Tarung-Tarung) , Sekretaris Rio Endria Piliang (Wali Nagari Sundatar), Bendahara Japri. Serta kordinator wilayah satu Lubuk Sikaping, Fahrizal (Wali Nagari Durian Tinggi), wilayah dua Yuni Yelfi (Wali Nagari Cubadak), wilayah tiga Akhmad Daud, wilayah empat Busri ( Sitombol Pa­dang ­galugua) dan wilayah lima Zainal Arifin (Wali Nagari Alahan Mati).

Ketua Forum Wali Nagari Asparuddin berharap dukungan semua pihak ,baik masyarakat yang ada di ranah Pasaman ataupun di rantau ,”karena bagaimanapun kepercayaaan yang di berikan ini jelas berat ,untuk itu tentunya perlu saciok bak ayam sadanciang bak basi, sehingga apapun yang kita rencanakan ke depannya terlaksana dengan baik” terangnya. **Fajri

358 Total Dibaca 6 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*