Seiring Talent Fest 2019, Pusat Kajian Ekonomi Kreatif Diresmikan

Rektor Prof. Ganefri saat pelantik personil Pukek.
Rektor Prof. Ganefri saat pelantik personil Pukek.

Padang, Editor.- Pusat Kajian Ekonomi Kreatif (PUKEK) dan personilnya resmi dilantik Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri, Ph.D dalam rangkaian acara Job Fair dan Talent Fest yang dilaksanakan di Auditorium UNP, Rabu (16/10/2019). Pelantikan tersebut diwakili Devy Kurnia Alamsyah, S.S., M.Hum (Ketua), Nur Rosita, S.Pd., M.A (Bendahara), dan Leni Marlina, S.S., M.A (Bidang Penelitian dan Pengembangan).

“Pembentukan Pukek sejalan dengan peran UNP sebagai satu dari lima unsur (pentahelix) pembangun ekonomi kreatif, yaitu Academics. Pukek diharapkan dapat menjadi lembaga yang membentuk jejaring dan iklim kolaboratif dengan semua pihak yakni pelaku ekonomi kreatif, dunia industri dan pemerintah,” harapnya.

Pukek seperti yang dijelaskan Devy Kurnia merupakan pusat kajian yang bergerak dalam pengembangan ekonomi kreatif, yaitu semuanya yang bergerak dalam pengembangan ide, gagasan dan pengembangan sumber daya manusia sebagai faktor penggerak ekonomi.

Ditambahkannya sumber daya ekonomi kreatif  adalah pengembangan ekonomi kreatif  dan produk kreatif yang mencakup (1) arsitektur, (2) musik, (3) desain interior, (4) fesyen, (5) desain komunikasi visual, (6) aplikasi dan pengembangan permainan, (7) desain produk, (8) penerbitan, (9) film, animasi, dan video, (10) periklanan, (11) fotogafi (12) televisi dan radio, (13) kriya, (14) seni pertunjukan (15) kuliner, dan (16) seni rupa.

“Salah satu unggulan dari program Pukek adalah pendampingan Kota Kreatif yakni pemetaan pelaku ekonomi kreatif sehingga menentukan Indeks Kota Kreatif. Pukek juga menyatakan siap untuk berkolaborasi dengan BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif), ICCN (Indonesia Creative City Networks), dan Talent Indonesia yang memiliki konsern yang sama yaitu pengembangan ekonomi kreatif,” jelasnya ** Agusmardi/Humas UNP

253 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*