Sebuah Rumah Gadang di Payakumbuh Nyaris Jadi Abu

Payakumbuh, Editor,- Kebakaran hebat terjadi di Kelurahan Kototangah Kecamatan Paykumbuh Barat,Kota Payakumbuh, sebuah rumah gadang yang punya faviliun nyaris  jadi  abu menjelang pelaksanaan shalat Jum’at (30/9).

Untung masyarakat sekitar yang cepat mengetahui api telah mulai membara di plapon bagian belakang paviliun rumah gadang tersebut, berjibaku untuk mamadamkan api menjelang mobil Damkar Payakumbuh datang. Masyarakat berusaha memadamkan api dan beberapa saat kemudian, datang empat buah mobil Damkar Payakumbuh dan awak Damkar dengan sigap memadamkan api.

Hanya beberapa menit setelah mobil damkar datang, api yang telah sampai ke loteng di kamar bagian depan, benar benar berhjasil dijinakkan, sehingga rumah gadang dan rumah Mantan ketua KAN Kotonan Gadang F.U. Dt.Tuah Basango selamat dari amukan sijago merah karena telah berhasil dipadamkan petugas Damkar bersama masyarakat.

Keterangan Dt.Tuah Basango kepada wartawan, mengatakan,”saya baru selesai mandi dan bersiap siap mau pergi membaca ktotbah di Mesjid Nunang. Kedengaran api membakar kayu, setelah dilihat,ternyata api mulai memakan langit langit atau plavon paviliun rumah gadang dan masyarakat yang melihat api mulai membesar. Tanpa dikomando, langsung  berusaha memadamkan api. Kami sangat berterimakasih kepada pihak Damkar Payakubuh yang datang tepat pada waktunya, sehingga api tidak jadi melebar.”

Dengan datangnya petugas Damkar Payakumbuh ke TKP, selamatlah rumah gadang yang ditempati Istri Almarhun N.Dt.Baru Sati itu. Masyarakat yang datang sebagian berusaha memadamkan api dan sebagian mengevakuasi orang tua Rosa Yamini ke luar rumah.

Penyebab kebakaran itu masih di dalam penyelidikan pihak berwajib, tampak hadir di lokasi pejabat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, ** Yus

721 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*