Satu-Satunya di Sumatera Barat, Desa Cubadak Mentawai akan punya Desa S’Mart

Kota Pariaman, Editor.- Wakil Walikota Pariaman Genius Umar menghadiri Rembug Desa yang dilaksanakan oleh Desa Cubadak Mentawai, Kecamatan Pariaman Timur bertempat di Mesjid Raya Cubadak Mentawai, sabtu 19/11.

Genius Umar mengapresiasi desa dan perangkatnya dalam melaksanakan rembug desa untuk pembentukan BUMDes dan Desa S’Mart yang akan dikelola, oleh dari dan untuk desa. Salah Satu Unit Usaha BUMDes Cubadak Mentawai adalah Desa S’Mart, yang merupakan satu-satunya di Sumatera Barat dan satu-satunya Kota di indonesia yang mendapat bantuan dari Kementerian Desa RI untuk pembentukan Desa S’mart ini.

“Kita menginginkan Rembug Desa itu ya seperti ini, dilaksanakan di Mesjid dan secara transparan terbuka untuk umum, sehingga masyarakat dapat memberikan ide, masukan dan gagasan yang akan membuat keputusan sesuai kata mufakat” terangnya.

Kedepan BUMDes Desa Cubadak Mentawai ini akan kita jadikan pilot projeck untuk Desa yang lain yang ada di Kota Pariaman, sehingga nanti diharapkan BUMDes ini dapat tercipta di seluruh Desa yang ada di kota Pariaman.

“Dengan adanya BUMDes dan Desa S’mart nanti, secara tidak langsung akan menambah pendapatan dan peningkatan ekonomi masyarakat, yang tujuanya untuk mensejahterakan rakyat sebagai misi kita di pemerintah daerah, dapat terwujud,” tukasnya

Selain itu, Desa Cubadak Mentawai juga sedang membuat Pasar Nagari (Pasar Desa) yang dananya berasal dari APBDesa. Dan dengan adanya program ini BUMDes dn Desa S’Mart ini, akan sejalan dengan apa yang telah dibuat Desa sebelumnya, tutup Genius Umar.

Bantuan Desa S’Mart (Mini Market Desa) dari dari Kementerian Desa  dan Daerah tertinggal RI, berupa dan untuk membeli  barang yanag akan dijual oleh Desa sebesar 200 juta, berikut dengan software dan hardware serta pelatihan penjaga atau kasir Desa S’Mart ini nantinya di Jakarta.

Hadir Kepala BPMDesa Lanefi dan jajaran, Camat Pariaman Timur Hendri Chaniago, KD , BPM. LPM, ninik mamak, kaum ulama, ketua pemuda bundo kanduang desa Cubadak Mentawai. **J

928 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*