Satu Orang Pasien Positif Covid -19 Claster Puskesmas Lima Kaum I Meninggal Dunia

Kadis Ksehatatan Kab. Tanah Datar, Yesrita Zedrianis.
Kadis Ksehatatan Kab. Tanah Datar, Yesrita Zedrianis.

Batusangkar,Editor .Akhirnya Satu orang pasien positif Covid-19 claster Puskesmas Lima Kaum I laki-laki meninggal dunia Selasa (11/8) sekitar pukul 11,45 Wib yang mana   pasien covid-19 ini  termasuk dalam  daftar 11 orang terkonfirmasi Covid-19 pada hari Senin (10/8).

Korban adalah salah seorang pensiunan TNI berinisial  Z (53) yang istrinya  menjadi tenaga kesehatan di Puskesmas Lima Kaum I Kecamatan Lima Kaum yang juga terpapar Covid-19 yang mana pasien Z beralamat di Perumahan Garuda Mas Lima Kaum.Sebelumnya  pasien  di rawat di Rumah Sakit Ahmat Muktar Bukittinggi semenjak hari Sabtu tanggal 8 Agustus 2020.

Hal ini di benarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan  Tanah Datar  dr.Yesrita Zedrianis saat dihubungi dan dia menyatakan “ Innalilalahi wainanailaihi rajiun karena telah meninggalnya satu orang warga Tanah Datar yang positif Covid-19 di Rumah Sakit Ahmad Mukthar Bukittinggi”ujar Yesrita

Kabid P2P Dinas Kesehatan Tanah Datar Roza Mardiah pada kesempatan tersebut juga menyatakan .Dua orang warga Tanah datar yang merupakan suami istri ini masih dari claster Puskesmas Lima Kaum I yang sebelumnya telah di laporkan 9 orang tenaga medis di Puskesmas tersebut terkonfermasi positif Covid-19.

Guna mengantisifasi penyebaran Covid-19 lebih luas di Tanah Datar,maka Dinas Kesehatan Tanah Datar sudah melakukan tracing terhadap masyarakat yang kontak erat dengan mereka yang sudah terkonfermasi positif Covid-19.

Kepada masyarakat yang mempunyai riwayat berobat atau memeriksakan kesehatannya ataupun yang melaksanakan kegiatan lain di Puskesmas Lima Kaum I pada tanggal 24 Juli s/d  Agustus 2020 yang berpotensi untuk terjadi kontak erat dengan para petugas kesehatan saat itu diharapkan untuk melapor ke Dinas Kesehatan .harap Roza Mardiah .

Selanjutnya Roza Mardiah menyatakan.Bagi yang sudah melaksanakan tracing selanjutnya akan dilakukan tes swab secara bertahap di 5 lokasi yaitu RSUD MA. Ali Hanafiah Batusangkar,Puskesmas Pagaruyung,Puskesmas Sungai Tarab II,Puskesmas Gurun dan Puskesmas LKima Kaum II yang berada di Cubadak.

Dengan bertambahnya kasus ini akumulasi kasus Covid-19 di Kabupaten Tanah datar menjadi 25 orang,13 orang sudah sembuh,2 orang meninggal dunia,1 orang dirawat dirumah sakit ruyukan  dan 9 orang melakukan isolasi mandiri .

Untuk itu kita menghimbau kepada masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker,cuci tangan pakai sabun dengan air mangalir ,jaga jarak,hindari kerumanan dan selalu meningkatkan imum tubuh,himbau Roza Mardiah

Menurut keterangan  Kepala Markas PMI Tanah Datar Ungadi,S,Kep.Jenazah pasien  Covid- 19 ini akan  dikebumikan di Kampung Jambak Kecamatan Kuranji Kota  Padang sesuai dengan permintaan keluarga yang mana pelaksanaannya tetap oleh Tim Gugus Tugas Penangan Covid -19 Tanah Datar yang direncanakan  pukul 14,15 Wib 8 orang personil PMI berangkat menuju kota Padang, ungkap Ungadi**Jum

194 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*