Satresnarkoba Polres Pasaman Amankan 35 Paket Ganja

Lokasi mobil Suzuki Karimun terpelosok di parit perkebunan warga bersama barang bukti narkoba jenis daun ganja kering.
Lokasi mobil Suzuki Karimun terpelosok di parit perkebunan warga bersama barang bukti narkoba jenis daun ganja kering.

Lubuk Sikaping, Editor.- Berawal dari kecurigaan petugas Pos Operasi Ketupat di perbatasan Provinsi Sumatera Barat – Provinsi Sumatera Utara, personil Kepolisian Resort (Polres) Pasaman berhasil meringkus seorang pelaku penyalahgunaan narkoba.

Bersama tersangka, turut diamankan barang Bukti sebanyak 35 paket narkoba jenis daun ganja kering yang di bungkus lakban warna coklat. 2 unit Handphone merek Samsung young warna silver dan merek Nokia warna hitam merah dan 1 buah karung goni plastik warna putih.

Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya, SE pengungkapan kasus tersebut berawal dari kecurigaan petugas kepada satu unit mobil merek Suzuki Karimun dengan tiga orang termasuk supir.

“Penangkapan berawal dari kecurigaan petugas di Pos Operasi Ketupat terhadap pelaku yang hendak pergi ke Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara,” kata AKBP Hendri Yahya SE didampingi Kasat Resnarkoba, Iptu Syafri Munir, Sabtu (30/5/2020).

Kasat Resnarkoba Polres Pasaman Iptu Syafri Munir menerangkan, pengungkapan kasus tersebut berawal pada Sabtu (30/5) sekitar pukul 03.00 WIB. Satu unit mobil Suzuki Karimun BA 1780 O melintas menuju Sumatera Utara.

Sampai di pos perbatasan, mobil tersebut berhenti untuk dilakukan pemeriksaan. Ada tiga orang laki – laki yang turun dari mobil, dan menyebutkan alasan mereka ke luar daerah untuk melayat ke daerah Jembatan Merah, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara.

“Petugas penjaga Perbatasan menyuruh  untuk meninggalkan KTP di pos pengamanan dan mempersilahkan untuk melanjutkan perjalanan, dan KTP akan diambil ketika kembali  masuk ke Provinsi Sumatera Barat.” Ungkapnya

Sekitar pukul 09.30 WIB, mobil tersebut kembali dari Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara. Namun ketika lewat di perbatasan, tidak berhenti untuk mengambil KTP yang ditinggal di pos perbatasan.

“Anggota Satresnarkoba yang kebetulan sedang bertugas bersama anggota Provost mengikuti mobil tersebut dari perbatasan dan berkoordinasi dengan anggota Polsek Rao untuk  menghadang di depan Polsek Rao,” lanjutnya.

Ketika sudah memasuki kawasan Pasar Rao, Pengemudi mobil dimaksud melihat anggota polisi melakukan penghadangan di depannya, kemudian membelokkan kendaraan ke arah Timur, Jalan menuju Simpang Rumbai.

Pengemudi mobil panik diikuti aparat kepolisian sehingga hilang kendali, mobil tersebut terperosok ke parit di perkebunan masyarakat di Jorong II Nagari Tarung-Tarung Kecamatan Rao. Dua orang melarikan diri ke arah perkebunan warga sementara satu orang berhasil di tangkap,” ungkapnya

Iptu Syafri Munir menyebutkan, satu orang yang berhasil diringkus adalah RA (23) warga  Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Sat Resnarkoba Polres Pasaman berhasil mengamankan 35 paket ganja kering dalam penangkapan tersebut. Selain itu juga sudah mengantongi identitas dua orang tersangka penyalahgunaan Narkotika jenis ganja kering yang melarikan diri dalam penangkapan tersebut.

Saat ini pihaknya tengah melakukan pengejaran terhadap ke dua orang tersangka berinisial AH(23) warga Kecamatan Pauh kota Padang dan berinisial G(39) warga Kecamatan Padang Utara Kota Padang.Sedangkan satu orang yang ditangkap sudah diamankan di Mapolres Pasaman bersama 35 paket ganja kering untuk proses hukum lebih lanjut.** Fajri

1243 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*