Sampah di Pantai Padang dan Muara Mulai Berkurang

Padang, Editor.- Tidak seperti biasanya, penumpukan sampah yang sering terjadi di muara dan bibir Pantai Padang setiap pasca hujan, sekarang terlihat berkurang. Ini membuktikan meningkatnya kesadaran warga, tidak lagi membuang sampah ke sungai atau sembarang tempat.

Terkait kondisi pantai yang bersih ini, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyampaikan terima kasih kepada warga.

“Terima kasih, warga sudah memiliki kesadaran menjaga kebersihan. Ini dibuktikan tidak ada lagi penumpukan sampah di pantai sehabis hujan,” kata Mahyeldi disela kegiatan di Pantai Muaro Lasak, Selasa (22/8).

Lebih lanjut ia menyebutkan, warga Kota Padang semakin mencintai kebersihan dan menjadikan budaya. Ini akan menjadi salah satu identitas yang melekat dan  diingat oleh setiap orang yang berkunjung ke Padang.

“Ke depan kita ingin Padang identik dengan bersih. Tidak saja lingkungannya tetapi juga orang-orangnya yang bersih,” ujar walikota.

Menurutnya lagi, Padang yang kembali diakui sebagai kota bersih dengan diraihnya Adipura, menjadi tanggung jawab seluruh elemen untuk mempertahankannya. Pemko Padang terus berupaya, selain menurunkan 500 petugas kebersihan juga menghadirkan satu unit mobil penyapu sampah serta bersinergi dengan lembaga lainnya di luar pemerintahan.

“Baru-baru ini sudah dilaunching seluruh ASN Pemko menjadi relawan kebersihan. Supaya semua pihak turut berpartisipasi mewujudkam kebersihan. Sekaligus mendorong warga untuk pro aktif dalam menyikapi.

“Semua pihak agar menjaga kebersihan dan pro aktif melakukan sosialisai,”tutupnya.

TNI AL Goro di Muara

Satuan anggota TNI AL dari Lantamal II Teluk Bayur juga berkomitmen dan  mengajak warga Kota Padang menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah ke sungai dan laut. Komitmen ini ditunjukkan juga dengan aksi memungut sampah di Pantai Padang bersama petugas kebersihan dan anggota sejumlah ormas, Selasa (22/8).

Aksi tersebut disambut baik Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah. Menurutnya, aksi yang dilakukan TNI AL adalah hal yang sangat positif dalam memotivasi warga mewujudkan kebersihan.

“Yang dilakukan TNI AL bersama ormas dan petugas kebersihan sangat positif sehingga mendorong warga menjaga kebersihan,”kata Mahyeldi.

Sementara itu, Wadan Lantamal II Teluk Bayur Kol. Mar. Lasmono  yang memimpin langsung aksi bersih pantai ini menyebut kebersihan laut berhubungan dengan kebersihan sungai. Bila warga membuang sampah di sungai, maka akan hanyut ke laut. Laut jadi kotor dan tercemar.

“Untuk itu perlu kita jaga bersama. Kami dari Lantamal II mengajak warga untuk tidak membuang sampah ke sungai dan laut,” kata Lasmono. ** Arman/Hms

600 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*