Sampah Berserakan di Pasar Padang Luar, Pemkab Agam Tak Peduli?

Agam,Editor. Masalah sampaha di beberapa wilayah Kabupaten Agam, terutama di wilayah yang jauh dari pusat ibukota kabupaten, kurang menjadi perhatian. Hal ini menjadi pertanyaaan masyarakat, siapa yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sampah di kecamatan dan nagari.

Seperti di pasar pasar yang ada di kecamatan, diantaranya Pasar Padang Luar yang nyaris ramai setiap hari untuk transaksi sayur mayur, akibatnya produksi sampah dari pedagang sayur jadi terbilang tinggi, begitu juga di pasar Guguak Randah. Sampai saat ini masyaakat bingung kemana harus membuang sampah, karena tempat pembuangan sampah tidak ada. Sehingga masyarakat membuang sampah seenaknya di mana saja yang bisa.

Tokoh masyarakat Agam Widya Wati kepada wartawan mengatakan, produksi sampah rumah tangga setiap hari entah kemana harus dibuang masyarakat karena tidak ada tempat untuk pembuangan sampah rumah tangga, diletakkan di pinggir jalan dalam kantong atau karung.

Harusnya ini menjadi perhatian oleh pemerintah Kabupaten Agam melalui Pemerintahan Kecamatan, agar masyarakat tidak membuang sampah seenaknya, karena sampah yang berserakan itu mengancam kesehatan  masyarakat dan mendatangkan bau yang tidak sedap bagi masyaakat di sekitar sampah yang berserakan itu, serta merusak pemandangan, katanya.

Kita harapkan pemerintah Kabupaten Agam tidak hanya memikirkan penanggulangan sampah di pusat kabupaten saja, karena produksi sampah itu tidak hanya di ibukota kabupaten saja. Di pusat kecamatan dan pasar pasar tradisional juga banyak produksi sampah yang harus dipikirkan pemerintah Kabupaten Agam,  bagaimana penanggulangannya. Kalau  masyarakat tak disediakan tempat pembuangan sampah, maka sampah itu akan beserakan di mana mana, ujar tokoh wanita yang aktif di organisasi sosial di Kabupaten Agam dan Bukittinggi itu kepada aartawan kemaren. ** Yus

1229 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*