Sambut Perantau, Anak Nagari Talang Baralek Gadang

Talang, Editor.- Masyarakat Nagari Talang Kecamatan Gunung Talang Kab. Solok  adakan acara baralek gadang guna menyambut putra puteri daerah Talang yang merantau ke berbagai daerah di tanah air yang secara serentak pulang basamo ke tanah kelahiran mereka, Selasa (27/6), betempat di kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Talang.

Pada kesempatan tersebut ,dilakukan penyembelihan dua ekor sapi untuk acara syukuran. Tujuan kelaksanaan kegitan ini adalah untuk membentuk sebuah organisasi yang dinamakan Forum Membangun Nagari Talang (FMNT) oleh para perantau.

Penyambutan kepada anak rantau nagari Talang yang secara serentak pulang basamo ini juga dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal. SE. MM, Datuak Rajo Lelo, Anggota DPD RI Nofi Candra, Wakapolres Arosuka, Camat GunungTalang, Misran, S.Pd, MM, Walinagari Nagari Talang Ir. Marves Boy Fely Datuak Yang Pituan, Wali Nagari Sei. Janiah, BMN dan KAN Talang beserta jajaran, serta bundo kanduang dalam nagari yang turun langsung dalam pelaksanaan tradisi bararak dalam kampuang.

Dalam pelaksanaan acara pada malam harinya para perantau disuguhkan dengan beberapa pagelaran seni budaya Minang. Seperti randai dan beberapa tari yang dibawakan oleh sanggar Sabai Nan Aluih.

Panitia pelaksana Taufik Hidayat,SH dalam sambutannya  mengharapkan kepada perantau agar pulang basamo kali dijadikan momentum untuk membangun Nagari Talang yang lebih baik dimasa yang akan datang.

“Momen ini harus kita jaga bersama, agar terbentuknya sinergis  pembangunan nagari kita ini, dan akan melahirkan sebuah forum bersama yang akan menjawab beberapa persoalan nagari,” ujarnya.

Maigus Tinus Salah seorang perantau dalam sambutan juga menyampaikan langsung kepada bupati beberapa keluhan yang selama ini dirasakan oleh masyarakat Talang. Khususnya permasalahan air bersih yang susah untuk didapat masyarakat di beberapa jorong nagari Talang. “Kami berharap permasalahan air bersih di Talang ini cepat teratasi. Kepada bapak bupati kami harapkan adanya pembangunan infratuktur kelahan- lahan tidur yang ada di nagari kami ini, agar terciptanya perbaikan perekonomian para pelaku pertanian dinagari Talang ini, dan harapan kami, pasar nagari Talang ini bisa dijadikan pasar sentral sayur mayur yang modern, yang mampu menampung hasil pertanian nagari Talang ini pada khususny,” kata Maigus.

Kepada para perantau, Bupati Solok H. Gusmal mengucapkan terima kasih karena telah membantu pembangunan Kabupaten Solok, khususnya Nagari Talang, yang mana telah membantu salah satu program 4 Pilar Pembangunan. Bupati mengharapkan kepada perantau untuk dapat melakukan penggalangan dana untuk membantu masyarakat nagari, khususnya membantu masyarakat dibidang pendidikan, Kesehatan dan membantu usaha-usaha kecil masyarakat Nagari Talang.

Bupati berpesan kepada Wali Nagari, Anggota BMN dan KAN supaya selalu melakukan komunikasi kepada perantau untuk pembangunan kesejahteraan warga nagari, dan adanya transaparansi masalah dana nagari kepada semua pihak yang terkait. Bupati mengharapkan dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Besar Nagari Talang ini dapat terbangunnya kesepakatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bisa mendapatkan kesepakatan yang cepat demi terciptanya Nagari Talang yang maju dimasa yang akan datang.

“Kepada Wali Nagari, Anggota BMN dan KAN supaya selalu melakukan komunikasi kepada perantau untuk pembangunan dan kesejahteraan warga nagari, dan adanya transaparansi masalah dana nagari kepada semua pihak yang terkait.” Kata Gusmal.

Sementara itu Anggota DPD RI Nofi Candra juga menyampaikan harapannya  kepada masyarakat Talang, khususnya perantau, dengan kehadiran para perantau di kampung halamannya dapat meningkatkan rasa cinta, rasa sayang  dan meningkatkan hubungan silaturahmi sesama perantau dan warga nagari, serta dapat meningkatkan kepedulian kepada warga nagari yang membutuhkan uluran tangan dari para perantau.

“Mudah-mudahan kehadiran para perantau dikampung halamannya dapat meningkatkan rasa cinta, rasa sayang  dan meningkatkan hubungan silaturahmi sesama perantau dan warga nagari, serta dapat meningkatkan kepedulian kepada warga nagari yang membutuhkan uluran tangan dari para perantau, ” ucap Novi Candra** Roni Akhyar

1072 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*