Ribuan Warga Antusias Saksikan Pawai Alegoris di Batusangkar

Bupati Irdinansyah Tarmizi bersama Forkopinda di Panggung kehormatan.
Bupati Irdinansyah Tarmizi bersama Forkopinda di Panggung kehormatan.

Batusangkar, Editor.- Ribuan“ masyarakat Tanah Datar tumpah ruah menyaksikan pawai alegoris yang selalu mereka tunggu setiap usai memperingat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dan untuk tahun ini Pawai Alegoris (Pembangunan) yang dilaksanakan hari Minggu, (18/08) yang dilepas oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi  di depan Pasar Bertingkat Batusangkar..

Iven tahunan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 ini dimanfaatkan pemerintah daerah untuk menyampaikan kepada masyarakat prestasi yang diraih hasil  kerja keras perangkat daerah serta kerjasama lintas stake holder.

Budaya kerja Aparatur Sipil Negara Cerdas ,Cepat,Cermat,Dedikasi,Disiplin dan Inovatit (3C2DI) yang dicanangkan bupati Irdinansyah Tarmizi beberapa waktu lalu juga menjadi tagline ataupun moto yang menghiasi mobil peserta  pawai dari perangkat daerah.

Pelepasan Pawai alegoris ini dilakukan oleh  Bupati Irdinansyah Tarmizi dan dihadiri oleh Kapolres Tanah Datar AKPB Bayuaji Yudha Prajas bersama Istri,Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Edi Sugianto harahap bersama Istri ,Forkofinda,Sekda Irwandi  bersama Istri,Anggota DPRD, Ketua TP –PKK Ny.Emi Irdinansyah,Wakil Ketua TP-PKK Ny. Retri Zuldahri,Kepala OPD dan undangan lainnya.

Sebelum pelepasan peserta pawai Bupati Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya  mengatakan. Pawai alegoris yang kita laksanakan hari ini adalah  untuk melihat hasil pembangunan termasuk melihat penampilan mulai dari anak TK hingga perguruan tinggi, TNI, Polri dan Instansi-instansi lainnya .

Banyak prestasi-prestasi yang membanggakan yang didapat Kabupaten Tanah Datar keberhasilan ini berkat  kerja keras perangkat daerah  dan dukungan dari  DRPD, Forkompinda dan masyarakat.untuk itu mari kita jaga bersama keberhasilan pembangunan di Tanah Datar ini,ujar Irdinansyah

Pada  kesempatan tersebut  bupati juga menyampaikan beberapa rencana pembangunan yang akan dilaksanakan diantaranya adalah pembangunan  pasar Batusangkar, rehab Lapangan Cindua Mato dan pembangunan wahana Emersia Wonderland.

Bupati meminta  dukungan masyarakat,yang mana pada   tahun depan pasar Batusangkar akan dibangun, Lapangan Cindua Mato juga direhab serta dalam waktu dekat pembangunan Emersia Wonderland yang menawarkan banyak wahana terutama replika keajaiban dunia akan dimulai dalam tahun ini juga guna memajukan Tanah Datar dan juga akan menambah kunjungan wisata ke Kabupaten Tanah Datar dan sekaligus akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,ungkap Bupati  

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi sebagai pelaksana kegiatan pawai alegoris ini seusai pawai  kepada awak media menyatakan “ Pawai alegoris ini diikuti oleh 20 PAUD/TK, 31 SD, 9 SMP/MTsN, 7 SMA/SMK/MAN, 2 pesantren, 1 perguruan tinggi, 27 Perangkat Daerah, BUMN/BUMD, 2 instansi vertikal, TNI, Polri, komunitas dan 2 nagari. “Pawai diikuti oleh 91 kontingen ditambah 30 marhing band,” ujar Riswandi .

Selanjutnya Riswandi menambahkan ,Adapun  tema yang diusung beragam sesuai tingkatan, PAUD dengan gambaran keberagaman, SD dengan misi adat dan budaya, SLTP dengan misi perjuangan, SLTA dengan misi profesi dan Instansi lain dengan visi masing-masing lembaga.

Pawai juga dimeriahkan penampilan marching band dan drum band sekolah-sekolah, pawai mobil hias, barisan polisi cilik, duta wisata serta paskibraka. Kegiatan ini sebagai sarana edukasi, peserta pawai menampilkan banyak tradisi yang melekat di tengah-tengah masyarakat Minangkabau seperti adat prosesi maminang, akad nikah, bagorak (kadapua), baralek gadang, manampuah, manjalang mintuo, turun mandi, khatam alquran, malamang, bela diri, permainan anak nagari, pacu jawi hingga acara bakayu atau kematian.Juga peragaan busana yang unik dan kreatif dari Marapi Fashion Art Carnaval Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Tarab yang kita  mendapat aplaus luar biasa dari masyarakat.

“Melalui pawai kita inginkan menanamkan  semangat patriotisme dari para pejuang kemerdekaan kepada pelajar dan  sekaligus mengenalkan tradisi budaya yang kita miliki sehingga generasi muda  Tanah Datar menjadi generasi yang cinta tanah air dan tidak melupakan akar budayanya,” ungkap Riswandi ** Jum

145 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*