Ribuan Data UKM Solsel Terdampak Covid Dikirim Ke Pusat

Budiman.
Budiman.

Solok Selatan, Editor –  Sebanyak 4.132 data Usaha Kecil Menengah (UKM) di Solok Selatan, telah dikirim ke Kementerian Koperasi dan UKM RI secara online.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Solok Selatan, Budiman, menjelaskan, pendataan UKM tersebut sesuai intruksi pihak Kementerian, karena pelaku UKM masih dalam situasi terdampak covid -19.

Dari 4.240 total usaha UKM di Solsel, sebanyak 4.132 datanya sudah diimput ke Kementerian untuk program bantuan terdampak covid-19. Ribuan data pelaku UKM yang sudah dikirim ke pusat tersebut terdapat di tujuh Kecamatan yang ada di Solok Selatan. Dengan rincian di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh 530 UKM, Sungai Pagu 1.193 UKM, dan Pauh Duo 192 UKM, Kecamatan Sangir 1.294 UKM,  Sangir Jujuan 326 UKM, Sangir Balai Janggo 245 UKM dan Sangir Batang Hari sebanyak 352 UKM.

“Soal realisasi bantuan belum ada informasi hingga kini. Akan tetapi pihaknya baru sekedar melalukan pengimputan data yang di minta pihak Kementerian. Kapan bantuan itu terealisasi dan jenisnya apa ?. Kita belum tau,” ujarnya.

Kepala Bidang Koperasi Disperindagkop dan UKM Solsel Mutia Azizah, menambahkan, pengumputan data UKM se Solok Selatan katanya, dalam memenuhi permintaan data dari Provinsi dan Pusat. Apakah program berpihak ke UMKM atau keringanan pajak bagi pelaku usaha. Data yang sudah terkirim hingga sekarang sebutnya, masih data sementara. Sebab datanya masuk ke Dinas hampir setiap hari, mana yang lengkap tentu saja dikirim ke server Kementerian Koperasi dan UKM RI.

“Kita saat ini baru bersifat mengirimkan permintaan data, soal kapan akan direalisasikan. Kita belum mendapat informasi,” ucapnya.

Menurut dia, seluruh pelaku usaha di daerah membutuhkan adanya bantuan dari pemerintah. Kapan bantuan tersebut akan disalurkan pihak Dinas belum mengetahuinya. Untuk itu diminta agar pelaku UKM jangan terlalu berharap. Soal bantuan pasti akan merujuk kepada keuangan negara, tapi mudahan saja didapatkan daerah Solsel.

“Kalau sudah ada informasi, kita akan menyampaikannya melalui media. Sehingga dapat diketahui publik,” tuturnya. ** Natales Idra/Sus

128 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*