Rhani Syawaliah Terpilih Jadi Uni Intelegensia Kota Padang




Rhani Syawaliah Fahmi
Rhani Syawaliah Fahmi

Padang, Editor.Rhani Syawaliah Fahmi mahasiswa Jurusan Sastra Inggris, kembali membanggakan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas. Kali ini, ia mendapatkan penghargaan sebagai Uni intelegensia Sumatera Barat periode 2018.

Uni Intelegensia berarti uni yang memiliki satu tingkatan lebih tinggi dalam hal pengetahuan, pariwisata, dan bahasa.

Rhani Syawaliah Fahmi menyebutkan tahap penyeleksian dimulai pada tanggal 21 Maret 2018 lalu yang diikuti  sebanyak  93 orang remaja Sumatera Barat dari berbagai Universitas di Kota Padang.

“Pada babak semifinal diseleksi  menjadi 15 orang saja. Akhirnya pada tanggal 31 Maret 2018 dipilih sebanyak 5 orang sebagai pemenang dari kategori yang berbeda,” sambungnya.

Rhani Syawaliah Fahmi menjelaskan tentang proses seleksi yang dijalaninya dahulu.

Awalnya adalah melakukan administrasi, kemudian dikarantina selama tiga hari hingga malam puncak acara pemilihan.

Dalam masa karantina, ia diajarkan bagaimana sesungguhnya pekerjaan menjadi Uda dan Uni Sumbar, seperti beramah tamah kepada masyarakat, belajar mengenai public speaking, penguasaan bahasa dengan baik dan kemampuan memahami pariwisata di Sumatera Barat.

Tujuannya mengikuti pemilihan Uda dan Uni Sumatera Barat ini adalah sebagai sarana baginya untuk membentuk masyarakat yang sadar akan sumber daya pariwisata di Kota Padang dan sadar akan pengetahuan tentang pengelolaan wisata di daerah Kota Padang khususnya.

Kinerja kerja Uda dan Uni akan dibentuk secara bersama dan mengeluarkan aspirasi  Uda dan Uni  yang terpilih untuk direalisasikan ke masyarakat dan juga mengalokasikan pemberdayaan pariwisata di Kota Padang dan perbaikan kinerja Uda dan Uni periode 2017.

“Kerja kami ke depan harus sesuai kesepakatan kami bersama. Pastinya akan mewujudkan tujuan-tujuan kami, dan tujuan Uda dan Uni periode 2017 yang belum terealisasikan ke masyarakat,” tuturnya.

Harapannya sebagai Uni Intelegensia adalah mudah-mudahan semua tujuan yang belum tercapai bisa tercapai pada periode sekarang, dan semoga Uda dan Uni periode 2018 ini bisa lebih baik kinerjanya dari Uda dan Uni periode 2017 lalu.

Keuntungan yang bisa didapatkan menjadi Uda  dan Uni tersebut menurutnya adalah ia dapat kenal dengan orang-orang penting. Ia juga menyambut tamu-tamu dari luar, dan dapat juga bekerja sebagai duta kepariwisataan di pemerintahan.

Hal yang dilakukan tersebut dapat meningkatkan softskillnya yang tidak akan ia dapatkan jika ia tidak bergerak dalam mencari pengalaman. ** Rafendi

137 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*