Rendang Kembali Dinobatkan Sebagai Makanan Terlezat di Dunia

Jakarta, Editor.- Untuk kedua kalinya, rendang, makanan khas asal Sumatera Barat dinobatkan CNN sebagai makanan terlezat. Rendang mendapat peringkat pertama dalam hasil voting yang diikuti sekitar 35.000 voters di media sosial milik CNN Internasional.

Lowongan Kerja Terbaru PT. Antam (Persero)Selain rendang, nasi goreng juga dinobatkan sebagai peringkat kedua sebagai makanan terlezat. Sementara sate berada di peringkat ke 14 sebagai makanan terlezat.

Keberhasilan dua makanan asal Indonesia berada di peringkat atas mengalahkan makanan khas asal Jepang, Sushi dan Tom yam goong dan Pad thai asal Thailand.

Sebagai makanan nomer satu terlezat di dunia, rendang telah diulas oleh berbagai media-media internasional. Londonist, thestar, boston.eater, dan todayonline adalah media asing yang pernah mengulas kenikmatan rendang dalam artikelnya.

Dalam Forum Pariwisata PBB dunia, United Nation World Tourism Organization (UNWTO) yakni Organisasi Pariwisata Dunia yang merupakan badan khusus PBB  pernah mengulas rendang dalam perspektif gastronominya.

Gastronomi berasal dari bahasa Yunani, gastér yang berarti perut dan nómos yang berarti hukum yang menentukan, maka secara utuh gastronomi diartikan sebagai seni atau hukum yang memuat regulasi dalam perut manusia.

Vita Datau selaku ketua Indonesian Gastronomy Academy (AGI) menyatakan bahwa ada tiga elemen penting yang menjadi konsep kali ini; makanan, budaya, dan juga sejarah didalamnya.

“Sebuah makanan dan sejarah dihubungkan melalui rempah-rempah. Sejarah dan budaya dihubungkan melalui storytelling (mulut ke mulut). Dan ikatan budaya dengan makanan dihubungkan melalui ritual atau upacara-upacara tertentu,” pungkas Vita.

Tak hanya itu, Vita turut memaparkan bahwa rendang memenuhi aspek semua elemen-elemen gastronomi sebagai hidangan yang luar biasa lezat. Mulai dari proses memasak dan membuatnya yang disebut marandang, hingga filosofi dibalik masing-masing ingredient (bahan) dari pembuatan rendang.

“Daging merefleksikan kemakmuran, rempah-rempah mencerminkan peningkatan atau perbaikan, santan berfungsi sebagai integrator sertaa cabai merah yang merefleksikan sebagai pelajaran yang baik.”  ** Wisja

908 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*