PWI Sumbar Laksanakan Konferensi, Heranof Terpilih Menjadi Ketua

Padang, Editor.- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Sumbar melaksanakan Konferensi  PWI  Provinsi Sumatra Barat 2016-2021, Senin (26/12) di Auditorium Gubernuran sekaligus  memilih ketua PWI cabang Sumbar yang baru.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Hendra Irwan Rahim, Pengurus PWI Pusat Sangsoko Tejo, Ketua DPRD Padang  Erisman, Ketua dan anggota PWI Kab/Kota se Sumatera Barat.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dalam sambutanya mengatakan, kemajuan seorang wartawan terlihat dari profesionalitasnya dalam bekerja untuk pembangunan Sumbar. Dan untuk menjadi ketua mesti memiliki kepribadian, mau berkorban untuk kepentingan organisasi dan dapat membangun rasa kompak organisasi dengan nilai-nilai kebersamaan.

“Untuk itu kita Pemprov Sumbar selalu mendukung wartawan yang ada di Sumbar untuk meningkatkan dirinya agar menjadi wartawan yang berkualitas dan profesional. Dan untuk menjadi ketua seseorang itu mesti mau berkorban untuk kepentingan organisasi dan mampu membangun rasa kompak sesama pengurus dan anggota,”  ujarnya saat membuka kegiatan tersebut.

Gubernur menambahkan, profesionalitas wartawan ini merupakan harapan dari PWI karena setiap wartawan yang berprofesi sebagai wartawan mesti memiliki sertifikasi uji kompetensi. Sehingga, pemberitaan dimedia dapat dipertanggungjawaban.

Selain itu, terkait pemilihan Ketua PWI Sumbar. Irwan berharap pengurus baru PWI yang baru dapat bekerjasama dengan para mitra untuk membangun komunikasi, serta dapat meningkatkan profesionalitas dan kualitas wartawan Sumbar kedepan.

Sementara itu Ketua Pimpinan Pengurus PWI Pusat Sasongko Tejo juga mengingatkan, organisasi kewartawanan harus bisa menjadi organisasi profesi yang mampu menjunjung tinggi harkat dan martabat seorang wartawan yang tergabung di dalamnya.

Ia mengatakan, hingga saat ini masih tiga organisasi kewartawanan yang diakui di Dewan Pers, yakni PWI, AJI dan IJTI. Untuk itu organisasi kewartawanan harus mampu mengayomi dan mewadahi para anggota untuk berkarya, berkontribusi di dunia jurnalistik dan memberikan sumbangsih terhadap pembangunan daerah.

Sasongko mengatakan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) merupakan salah satu organisasi profesi yang menjunjung tinggi profesi wartawan dengan kode etik dan ad/art. Dengan adanya konfrensi PWI Ketua terpilih nantinya diharapkan mampu membawa PWI semakin baik dan berkontribusi.

“Jadi, Ketua PWI Sumbar yang baru terpilih nantinya harus dapat mengayomi anggotanya menjadi jurnalis yang profesional,” katanya.

Heranof Terpilih Jadi Ketua

Dengan hasil perhitungan suara yang cukup alot Kepala Seksi Programa 1 di RRI Padang Heranof Firdaus akhirnya terpilih sebagai ketua Persatuan Wartawan Indonesia  Sumatera Barat periode 2016-2021. Heranof Firdaus 102 suara dan Syukri Umar 20 suara.

Dalam pemilihan tersebut Anggota PWI yang berhak memilih sebanyak 156 orang, 16 orang tidak hadir, dapat hak pilih 140 orang dan 19 diantaranya merupakan mandat. Dari jumlah pemilih 140 orang tersebut 128 yang menjatuhkan hak suaranya, 6 diantaranya dinyatakan batal dan jumlah suara sah 122 suara

“Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT dan mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mendukungnya, terutama kepada senior-senior, karena tanpa mereka kita semua tidak ada artinya,” ujar Heranof Firdaus.

Terkait penyusunan pengurus, Heranof Firdaus menjelaskan, dalam rentang waktu satu minggu yang diberikan oleh pimpinan sidang, dia akan segera menuntaskan kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Sumatera Barat untuk periode 2016–2021.

“Saya tidak mau janji terlalu banyak, namun ke depan saya ingin PWI Sumbar lebih baik, dan PWI di beberapa daerah bisa lebih bergairah lagi,” kata Heranof. ** Zardi/Dani

1027 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*