Putera Limapuluh Kota Ihsan Nuzula, Qori Terbaik MTQ XXVI

Limapuluh Kota, Editor.- Ihsan Nuzula (26 tahun) asal Kabupaten Limapuluh Kota sukses merebut predikat qori terbaik dewasa pria dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional XXVI tahun 2016 di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain Ihsan, putera Limapuluh Kota lainnya Ade Setiawan (34) juga berhasil menggaet khaththath terbaik bagi Provinsi Sumatera Barat.

Prestasi membanggakan itu diumumkan menjelang acara penutupan ajang sekali dua tahun tersebut oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sabtu (6/8) malam.

Untuk juara dua dan tiga cabang Tilawah Al Quran golongan dewasa ini masing-masingnya disabet H Awaludin asal Provinsi Kepulauan Riau dan Fathulloh asal Provinsi Banten. Sedangkan qariah terbaik dewasa putri diraih Khoirunnisah (Nusa Tenggara Timur), Marhamah Kepulauan Riau dan Cucu Marliah (Banten).

13882637_1725493564370100_3464475321919446357_nSementara Khaththath terbaik dua dan tiga masing-masingnya di rebut Muhammad Jakfar asal Provinsi DKI Jakarta dan Zainuddin Rais asal Provinsi Banten.

Kepala Bagian Kesra Setkab Limapuluh Kota Karespi, S.Ag, M.Pd mengaku bangga kedua putera Limapuluh Kota itu mampu mempersembahkan yang terbaik bagi Provinsi Sumatera Barat.

“Kita sangat bangga dan merasa sangat senang putera daerah kita mampu menjadi yang terbaik dalam MTQ Nasional XXVI ini,” ujar Karespi ketika mengunjungi pemondokan kafilah Sumatera Barat di Kota Mataram, seusai acara pengumuman hasil penialian dewan juri.

Menurut Karespi, prestasi di bidang tilawah sepertinya bukan hal baru bagi Ihsan Nuzula. Putera Nagari Simalanggang Kecamatan Payakumbuh ini sebelumnya juga pernah mewakili Sumatera Barat pada MTQ Nasional ke 24 di Ambon dan meraih juara 1 tilawah remaja dan MTQ Nasional ke 25 di Kota Batam.

Tak kalah membanggakannya, Ihsan juga pernah mewakili Indonesia dalam MTQ Internasional di Negara Kuwait tahun 2013 lampau dan merebut juara harapan 2. Selain itu juga ia juga pernah menyabet juara tiga pada MTQ Internasional hasil seleksi tilawatil Quran Nasional di Bangka Belitung .

“Jauh hari sebelumnya ia juga sukses mengambil juara 3 dalam MTQ Internasional tingkat remaja di Negara Malaysia,” papar Karespi yang dianggukkan Ihsan.

Diakui Ihsan, ia sudah belajar membaca Alquran sejak kecil. “Bahkan sejak duduk di bangku sekolah tarbiyah (setingkat SLTP red), saya sudah ikut lomba dan pertama sekali tampil pada MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat ketika masih di tarbiyah tahun 2008,” papar Ihsan menjawab Humas.

Diakui Ihsan, untuk menghadapi MTQ tahun  ini, ia cukup mempersiapkan diri dengan matang. Sebab, ia menyadari lawan hebat-hebat.

Dalam MTQ ke 26 yang dipusatkan di Islamic Center Mataram itu juara umum pertama berhasil diraih Provinsi Banten, disusul Provinsi DKI Jakarta di peringkat dua dan Provinsi Riau pada peringkat ketiga diraih Provinsi Riau. ** Yus

 

894 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*