Puluhan Pelaku UMKM di Pariaman Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

Pelaku UMKM di Pariaman.
Pelaku UMKM di Pariaman.

Pariaman, Editor .- Sebanyak 30 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Kota Pariaman mengikuti pelatihan kewirausahaan dan motivasi bisnis. Pelatihan ini merupakan angkatan ke dua, sebelumnya dilaksanakan pada akhir bulan Oktober yang lalu.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) dan UMKM Kota Pariaman , Gusniyeti Zaunit mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) UMKM adalah skala prioritas yang secara konsisten terus dikembangkan.

“Jadi tujuan pelatihan ini adalah memberi motifasi dan semangat kepada para pelaku UMKM , karena di zaman teknologi sekarang persaingan semakin ketat, maka segenap daya dan upaya, serta inovasi harus dilakukan dengan penuh semangat. Begitu juga dengan Kemasan produk UMKM juga menjadi salah satu point penting dalam meningkatkan pemasaran,” ungkap Gusniyeti Zaunit,  Selasa (24/11)

Lebih lanjut Kadis itu menuturkan, dengan adanya pelatihan itu, diharapkan mampu mewujudkan peningkatan kualitas SDM UMKM. Sehingga pelaku UMKM di Pariaman memiliki dedikasi, kompeten, disiplin, ulet, cerdas dan handal dalam mengelola dan mengembangkan sektor UMKM , termasuk produk-produk andalan UMKM yang ada di Kota Pariaman.

Untuk diketahui, sampai sekarang, jumlah UMKM di Kota Pariaman berjumlah 7.839 yang tersebar di empat kecamatan dengan jumlah populasi terbesar terdapat pada kecamatan Pariaman tengah dengan jumlah 3.084 UMKM atau sekitar 39 persen.

Menyoal terkait jumlah UMKM tersebut, Gusniyeti mengatakan, jumlah UMKM di Kota Pariaman membuktikan bahwa pertumbuhan UMKM dari tahun ke tahun mengalami peningkatan baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas UMKM tersebut.

“Nah hal ini menuntut peran aktif Pemerintah Daerah untuk selalu Dinamis dan membuat terobosan baru agar UMKM yang ada di Kota Pariaman ini mampu bersaing dan merasa terayomi oleh Pemerintah Daerah. Ini yang sedang kita upayakan terus menerus,” kata Kadis Perindagkop. ** Afridon / Ril

99 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*