Pulau Sipora Dapat Pupuk Organik Bersubsidi

Tua Pejat, Editor.- Delapan ton pupuk bersubsidi di dua kecamatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai akan membantu memberikan kesuburan di lahan pertanian masyarakat kecamatan di pulau Sipora. Kcamatan tersebut diantaranya Kecamatan Sipora Utara dan Sipora Selatan.

Jenis pupuk yang disalurkan adalah MPK 5 ton dan pupuk organik 3 ton. Masing- masing kecamatan mendapatkan 2,5 ton pupuk MPK dan 1,5 ton pupuk organik. Pupuk bersubsidi dari PT. Petrokimia Gresik dan penyalurannya dilaksanakan oleh CV. Fajar Semesta. Di perusahan itulah  nantinya para kelompok tani dapat mengambil pupuk sesuai kebutuhannya.

CV.Fajar Semesta adalah perusahaan yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai sebagai distributor penyalur pupuk kepada petani.

Dijelaskan oleh Koordinator PT. Petrokimia Gtesik Herry Purnomo, pupuk yang disalurkan tersebut diperuntukkan pada para petani yang tergabung dalam kelompok tani untuk jenis tanaman pangan dan holtikultura. Pupuk bersubsidi di Kabupaten Kepulauan Mentawai ini baru yang pertama kalinya.

Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake  yang didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Novriadi, ST dalam sambutannya mengatakan, subsidi pupuk adalah program pemerintah.

Menurut Kortanius, Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapat jatah Raskin dan biaya untuk pendistribusian nya mencapai Rp 3,5 M. Untuk itu Pemkab Mentawai menolak Raskin dan biaya penyaluran Raskin yang cukup besar itu dialihkan untuk membuka sawah masyarakat. Dari itu Pemkab Mentawai memaksimalkan potensi pertanian. seperti padi, keladi, pisang dan sagu
yang merupakan makanan pokok  masyarakat Mentawai.

Untuk itu Korta meminta kepada masyarakat agar meningkatkan pengetahuan dalam mengolah hasil tani yang merupakan bahan makanan pokok daerah sendiri. Dengan adanya olahan sagu, talas dan pisang dapat berfungsi seperti beras.

Wabub Kortanius berterima kasih kepada PT.Petrokimia Gresik, karena telah menjelaskan kepada masyarakat tentang manfaat pupuk pada tanaman pangan dan holtikultura. Sedangkan kepada perusahaan penyalur CV. Fajar Semesta Korta berharap untuk dapat menyalurkannya secara merata ke tingkat petani melalui kelompok tani.

Wakil Bupati Kortanius juga meminta kepada pihak pengawas untuk ikut mengawasi penyalurannya agar tidak ada terjadi penyelewengan. Karena penyaluran pupuk tersebut sudah diizinkan oleh Pemerintah Daerah maka kebijakannya juga harus dikawal. Jangan sampai peresaran pupuk tetsebut keluar dari lokasi .

Acara penyaluran pupuk bersubsidi itu dihadiri oleh para Muspida dilingkungan Pemkab Mentawai dan anggota kelompok Tani dari dua kecamatan Sipora Utata dan Sipora Selatan. ** Daniwarti

659 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*