Prof. Zhang Jun XI Kuliah Umum di UNP, Ekonomi Desa Kunci Kemajuan China

Padang, Editor.- Pemerintah China berhasil mendorong pemulihan ekonomi global dan perdagangan bebas dan investasi yang stabil karena salah satu program yang fokus melalui basis ekonomi desa/nagari yang berdayakan secara optimal.

Saat ini, pertumbuhan urbanisasi di Cina sebesar 3,8 sementara Indonesia mencapai 4,1 persen. Negara china yang mencapai perekonomian maju memulainya dengan meminimalkan perpindahan penduduknya ke perkotaan. Kawasan industri dengan kawasan pengembangan pertanian mendapat perhatian pemerintah sehingga desa di china kuat dan mandiri.

“Semua desa berubah dari (low) income menjadi middle income lalu menjadi desa maju, itu semua melalui proses penguatan ekonomi perdesaan,” kata Prof Zhang Jun XI, Fice President Tianjin University of Finance and Economic (TUFE) dalam acara Kuliah Umum di auditorium Prof. Kamaluddin FE UNP, Rabu (24/5).

Ia menjelaskan, pertumbuhan urbanisasi yang tinggi China pada dekade sebelumnya menyebabkan terkosentrasinya kesempatan kerja di perkotaan. Jika melihat tren saat ini kebangkitan ekonomi china diawali menekan lajunya urbanisasi. Di satu sisi, berdasarkan paparan Zhang Jun XI, ketimpangan di Cina sebelumnya cukup besar akibat urbanisasi. Akibatnya, banyak masyarakat yang tidak dapat menikmati infrastuktur dasar di negara tersebut. Begitu pula yang terjadi di India, yang banyak penduduknya tinggal di daerah kumuh. Alhasil, urbanisasi menimbulkan banyak persoalan, seperti perumahan hingga kesenjangan sosial.

Dalam kuliah umum Prof Zhang Jun XI, Fice President TUFE itu, bicara panjang lebar terkait ekonomi China yang maju saat ini dihadapan ratusan mahasiswa UNP dan selain Zhang Jun Xi tidak sendirian, dia didampingi Prof Sun Jhian Cheng, Ms Xu Bilin dan Alex Ding, Sementara dari UNP, selain dibuka secara resmi oleh WR I, Prof Yunia Wardi juga turut hadir para Dekan selingkungan UNP.

Salah satu program yang ditawarkan ke UNP untuk beasiswanya di TUFE sendiri, universitas yang berkampus di Tianjin itu memberikan program master dan doktoral. ** Agusmardi/Hms

912 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*