Prof. Ganefri, Jadikan Ramadhan Bulan Madrasah

Padang Panjang, Editor.- Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri,PhD, yang bersafari Ramadhan di Masjid Nurul Huda, Ganting, Padang Panjang mengupas bulan suci Ramadhan sebagai bulan madrasah (syahrul madrasah).

“Bulan madrasah sebagai bulan pendidikan (syahrul tarbiyah yaitu pendidikan yang diajarkan langsung oleh Allah SWT kepada orang-orang yang beriman yang dicintai-Nya” ujar Ganefri sembari menyelingi peran Tridarma Perguruan Tinggi yang dipimpinnya, Selasa (30/5)

Ditambahkanya, pendidikan yang memadukan dan menyatukan antara teori dan praktek juga pengalaman, serta memadukan hati, pikiran, emosi, perasaan dengan jasmani. ” Subhanallah, sangat luar biasa madrasah ilahia. Siang hari selama satu bulan penuh, orang yang berpuasa dididik mengendalikan diri untuk sahum bahkam dididik untuk tidak mengucapkan kata-kata kotor yang tidak ada manfaatnya” jelas Ganefri yang memgurai hikmah Ramadhan yang mengutip beberapa hadis dalam Tim Ramadhan Provinsi yang dipimpinya, sebelum ustad naik mimbar.

Lebih lanjut diungkapannya, madrasah Ramadhan pun mengajarkan kecintaan kepada sesama, membangun kebersamaan, menguatkan ukhuwah silahturahim sehingga terbangun suasana yang kondusif.

Dalam rombongan Safari Ramdhan Provinsi Sumbar itu juga turut hadir Wakil Rektor 3 dan 4, Prof Ardipal dan Prof Syahrial dan anggota tim lainya. Pada kesempatan itu, Rektor yan pernah menjadi Ketua Kopertis Wilayah X Itu juga mensosialisasikan alur penerimaan mahasIswa baru dan beassiswa yang diprogramkan pemerintah pusat cq Menrustekdikti RI maupun dari berbagai BUMN untuk mendukung anak bangsa yang kurang mampu tapi punya talenta kuat untuk menjadi generasi hebat.  ** Agusmardi/Hms UNP

604 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*