Prof, DR Syahrial Bakhtiar: Penerapan Sport Science Mutlak Diperlukan

Prof. DR. Syahrial Bakhtiar, M.Pd saat di Undip.
Prof. DR. Syahrial Bakhtiar, M.Pd saat di Undip.

Jakarta, Editor.- Guru besar Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Padang (FIK UNP), Prof Syahrial Bakhtiar mengapresiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, yang telah berikhtiar menyelenggarakan lokakarya persiapan atlet Indonesia menghadapi Olimpiade 2032, yang berlangsung di Jakarta, Kamis (10/8/2020).

“Prakarsa atas terselenggaranya lokakarya ini sangat baik sekali karena akan bermanfaat bagi pengelolaan potensi olahraga di seluruh tanah Air. Namun untuk adanya pembinaan yang tertata dengan baik perlu komitmen dan ketegasan Pak Menteri dan jajaran Kemenpora lainya dalam penerapan sport science” ujar Syahrial Bakhtiar yang juga Ketua Program Identifikasi dan Pengembangan Bakat (Tim TID) Indonesia.

Lokakarya yang dikemas dengan Webinar Road to Olympic dan Paralympic Games 2032 yang dibuka langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, Syahrial Bakhtiar menjabarkan beberapa hal pentingnya keterlibatan sport science agar grand design pembinaan atlet berjalan pada alur yang benar.

“Sport Science tergantung juga dari penguasaan pelatih tentang fundamental motor skills dan penerapan sport science butuh dukungan peralatan sehingga kemampuan koordinasi untuk membantu proses perkembangan gerak dan fisik anak yang optimal,” ujar Syahrial Bakhtiar yang juga Ketua ISORI (Ikatan Sarjana Olahraga Republik Indonesia).

Sebelumnya, Kemenpora RI, Zainudin Amali mengakui pembina cabang olahraga perlu menggunakan sport science sebagai bagian dari pembinaan olahraga masing-masing. Tak ada pilihan lain, kalau mau berprestasi sport science harus diterapkan dalam pembinaan olahraga.

“Pembinaan ini harus terstrukur, sistematis, dan masif. Memang ini tidak murah, tetapi kalau mau maju, targetkan tiap Olimpiade peringkat berapa,” lanjutnya.

Webinar yang terkait Peran Sports Science dalam Akselerasi Penyiapan Atlet Usia Muda dalam Rangka Road to Olympic Games dan Paralympic Games 2032 diikuti berbagai kalangan praktisi dan akademisi olahraga. ** Agusmardi

89 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*