Prof. Ardipal Tutup Dikbasis Menwa Batalyon 102 MB UNP 2018

Padang, Editor.-  Wakil Rektor 3 Universitas Negeri Padang, Prof Ardipal menyampaikan ucapan selamat kepada 25 orang mahasiswa yang telah berhasil mengikuti Pendidikan Basis Satuan (Dikbasis) Kemiliteran Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 102 Maha Bhakti UNP.

“Mudah-mudahan bekal pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh baik terkait intern organisasi Menwa maupun materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dapat dipedomani dan diaplikasikan dalam pelaksanaan fungsi dan peran sebagai Mahasiswa dan sebagai Rakyat terlatih demi kepentingan Bangsa dan Negara, sesuai dengan Kode Etik Menwa yaitu “Panca Dharma Satya Resimen Mahasiswa,” demikian WR3, Prof Ardipal dalam amanatnya selaku Insfektur Upacara pada penutupan Dikbasis anggota baru Batalyon 102 MB UNP, Senin (14/1).

Prof Ardipal mengatakan, tujuan dari latihan ini adalah terbentuknya mental, moral, disiplin serta kemampuan dasar militer sehingga terwujudnya sikap individu yang taqwa, tangguh, terampil, loyal, mempunyai jiwa kerja sama, dedikasi tinggi dan cinta tanah air.

Lebih lanjut dikatakan, pada latihan ini meskipun masih berupa latihan tahap dasar, para instruktur telah berbagi pengalaman dan ilmu dalam menghadapi kondisi tidak normal agar pada kondisi apapun para anggota resimen mahasiswa mampu bertahan dan sanggup melksanakan tugasnya secara optimal.

Upacara penutupan Dikbasis Kemiliteran Menwa Batalyon 102 MB UNP bertempat di Lapangan Sekolah Labor UNP dihadiri seluruh anggota dan para senior Menwa UNP laiinya, seperti Fahar Sukma sert turut hadir pejabat UNP.

Acara ditandai pelepasan tanda peserta pelatihan dan pemasangan Baret oleh inspektur upacara, tamu undangan dan orang tua Mahasiswa kepada perwakilan anggota Menwa yang baru.

Demontasi Beladiri

Usai Upacara penutupan Dikbasis Kemiliteran Menwa Batalyon 102 MB UNP bertempat di Lapangan Sekolah Labor UNP, Senin (14/1) diramaikan oleh demontrasi beladiri militer. Sebanyak 50-an anggota Menwa Batalyon 102 MB UNP melakukan Demontrasi beladiri militer di hadapan Wakil Rektor 3 UNP, Prof Ardipal saat menghadiri upacara penutupan Dikbasis Kemiliteran Menwa Batalyon 102 MB UNP Tahun 2018.

Mereka menunjukkan keagresifan gerak tubuh mereka dari pukulan dan tendangan serta sayatan benda tajam. Pertunjukkan ditutup dengan aksi dua orang anggota Menawa yang melumpuhkan bacokan senjata tajam. Komandan Batalyon 102 MB UNP, Syukrianto mengatakan mempersiapkan berbagai agenda dan acara dalam rangka penutupan Dikbasis Menwa, diantaranya demontrasi beladiri.

“Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, navigasi, SAR dan kemampuan lainnya.” ujarnya.

Lebih jauh diungkapkannya, dalam Bela Negara peranan Resimen Mahasiswa sendiri mempunyai peranan penting, “karena Menwa berada pada barisan para pemuda yang merasa perlu melakukan perbaikan kualitas diri guna membangun masa depan yang lebih baik, dengan jiwa cinta tanah air maka kita mampu menolak hal hal yang dapat merugikan masyarakat, bangsa dan negara,” kata dia. ** Agusmardi/Hmas UNP

1161 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*