Polres Tanah Datar Gelar Operasi Zebra Selama Dua Minggu

Batusangkar, Editor.- Apel Operasi Zebra tahun 2017 digelar oleh Polres Tanah Datar yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Tanah datar Kompol Hendra Syamsi dan melibatkan Satuan Pol PP, Dinas Perhubungan dan TNI bertempat di halaman Mapolres Rabu, (1/11) di Pagaruyung.

Ikut hadir pada kegiatan itu Forkopimda, Staf Ahli Bupati Zulkifli, Pimpinan OPD terkait, Kapolsek dan jajaran Perwira Polres Tanah Datar.

Operasi Zebra dilaksanakan sesuai dengan  Undang Undang (UU) Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 yang mana  Kepolisian Negara Republik Indonesia selalu melaksanakan operasi serentak, termasuk Operasi Zebra untuk tahun 2017 ini.

Wakapolres Kompol Hendra Syamri, SH  membacakan amanat Korlantas Polri yang isinya antara lain; Gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya sehingga operasi ini dapat berjalan dengan optimal.Guna  mengatasi permasalahan bidang lalu lintas,kita  tidak bisa hanya berdiam diri saja, melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara Kamsel Tibcarlantas sesuai dengan amanat UU Nomor 22 tahun 2009. Jumlah kecelakaan lalu lintas pada operasi Zebra tahun 2016 sejumlah 2.623 kejadian mengalami penurunan 518 kejadian -16% dibandingkan periode yang sebelumnya tahin 2015 sejumlah 3.141 kejadian. Jumlah korban meninggal dunia pada operasi Zebra tahun 2016 sejumlah 649 orang.

Pada operasi tahun ini diharapkan, dapat mendorong tercapainya tujuan operasi dalam meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya.

Untuk itu, kami mengharapkan kepada seluruh stakeholder mampu mempersiapkan langkah langkah antisipasi baik secara taktis, teknis maupun strategis dan antisipasi menyambut hari besar seperti Natal dan Tahun Baru,” ungkapnya.

Kasat Lantas Polres Tanah Datar AKP. Yulandi Rusadi, SH seusai apel gelar pasukan mengatakan kepada para awak media,Bawasanya  operasi Zebra tahun ini mengangkat tema “Profesional, Modern dan Terpercaya” (Prometer).yang berlangsung mulai tanggal 1 sampai dengan 14 Nopember 2017.Guna mewujudkan  program dan kebijakan tersebut, polri sebagai penggerak revolusi mental,untuk  mewujudkan citra positif, kepolisian Republik Indonesia, khususnya Polisi Lalulintas.

Operasi Zebra 2017 ini, dilaksanakan sebagai cipta kondisi operasi lilin tahun 2017 dan tahun baru 2018 mendatang. Target kali ini difokuskan pada pelanggaran kendaraan bermotor. Razia akan dilakukan dengan cara stasioner dan hanting, 80 % refresif, 10 %  perventif 10 % preentif, ungkap Kasat AKP. Yulandi.

“Sasaran kali ini kita fokuskan pada pelanggar kendaraan roda dua, seperti melawan arus, tidak memiliki perlengkapan saat berkendara,seperti Helmep, Surat-surat dan lain-lainnya.Adapun  personil yang dilibatkan dalam operasi Zebra Singgalang ini berjumlah 150 personil.ucar Yulandi. ** Jum

470 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*