Polres Mentawai Gelar Apel Mantap Brata 2018

Apel Operasi Mantap Brata 2018 di Polres Mentawai.
Apel Operasi Mantap Brata 2018 di Polres Mentawai.

Tua Pejat, Editor.- Dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019 Kepolisian Republik Indonesia melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018. Di Polres Kabupaten Kepulauan Mentawai apel tersebut dilaksanakan di halaman Mapolres kilometer 9 Tua Pejat pada Rabu (19/09).

Apel gelar pasukan Mantap Brata 2018 di Mentawai diikuti oleh Anggota TNI, Polri, Satpol PP, Damkar,Anggota Basarnas, dan tenaga kesehatan serta para undangan di lingkungan Pemkab Mentawai.

Bertindak selaku Inspektur upacara Kapolres Kabupaten Kepulauan Mentawai AKBP Hendri Yahya.Upacara di awali dengan pemeriksaan pasukan peserta upacara oleh Kapolres dan dilanjutkan dengan membacakan amanat Kapolri.

Dalam amanatnya Kapolri Prof.H.Muhammad Tito Karnavian, Ph.D menyampaikan, Pemolisian di era Demokrasi bertumpu pada upaya untuk meraih kepercayaan publik selaku pemegang kekuasaan tertinggi negara. Hal tersebut diwujudkan antara lain dengan penegakan supremasi hukum, penghormatan;terhadap nilai-nilai HAM dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas,  karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara serentak dengan ambang batas parlementary theshold sebesar 4%.

Dalam kacamata Kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat menunculkan potensi kerawanan dibidang keamanan, diantaranya yang cukup menjadi perhatian Polri adalah pemanfaatan politik identitas,  penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoax hate speech, yang berpotensi menimbulkan konflik sosial ditengah-tengah masyarakat.

Untuk itu Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholder terkaiy lainnya akan menggelar operasu kepolisian terpusat dengan sandi ” Mantap Brata 2018″ yang dilaksanakan selama 397 hari terhitung mulai tanggal 20 September sampai dengan 21 Oktober 2019 diseluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan 272.886 personel Polri.

Operasi ini diselenggarakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan Intelijen, penegakan hukum, kuratif dan rehabilitasi  melalui penggelaran fungsi-fungsi Kepolisian dalam bentuk Satuan Tugas Tingkat Pusat, daerah dan tingkat Polres. ** Daniwarti

234 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*