Plt Walikota Kukuhkan Dewan Kesenian Pariaman 2020 – 2025

Plt Wako Mardison Mahyuddin bersama pengurus Dewan Kesenian Kota Pariaman.
Plt Wako Mardison Mahyuddin bersama pengurus Dewan Kesenian Kota Pariaman.

Pariaman, Editor – Plt.Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin mengukuhkan secara resmi Dewan Kesenian Kota Pariaman (DKKP)  periode 2020 – 2025  bertempat di Aula Balaikota Pariaman Kamis (29/10).

“Banyaknya pengaruh arus globalisasi dan informasi saat ini menuntut kita untuk terus menjaga adat, budaya dan kesenian didaerah kita. Dengan pedulinya generasi muda saat ini terhadap perkembangan adat, budaya dan seni daerah, kami merasa bangga dan gembira atas antusias dan animo  mereka dalam pelestarian seni dan budaya itu sendiri, “ katanya Plt.Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin.

Pelestarian seni dan budaya bukan suatu usaha bersifat elastis untuk membangkitkan feodalisme, tetapi merupakan upaya memelihara dan melindungi aset bangsa agar seluruh lapisan masyarakat mendukung pelaksanaan pembangunan bangsa dengan lebih berbudaya. Sebab budaya merupakan aset penting terutama untuk pengetahuan dan memupuk jati diri bangsa. Berbagai upaya melalui gelar seni dan budaya misalnya terus menerus dilakukan dalam menjaga agar kondisi kelestarian warisan sejarah masa lampau tetap terjamin.

“Saat ini Kota Pariaman  banyak mempunyai  destinasi wisata yang ditunjang dengan 3 A nya, yakni Aksesibilitas dan Amenitas tetapi kita kurang Atraksi. Kerena itu pada kesempatan ini kita membutuhkan suatu lembaga untuk menampung semua itu dalam wadah DKKP yang telah dikukuhkan. Tugas utamanya saat ini adalah menyediakan diri utnuk memantau setiap denyut nadi kehidupan seni-budaya, membina dan mengajak para seniman untuk memikirkan berbagai hal dalam konteks kesenian dan kebudayaan, “ terangnya.

Mardison mengucapkan selamat kepada DKKP yang terbentuk, semoga mampu menjadi wadah untuk pelaku seni dan budaya memalui berbagai aktifitas serta kreativitas mereka. Ia juga berharap kepada seluruh element masyarakat Kota Pariaman khususnya para seniman, budayawan dan penggiat seni untuk terus melestarikan kesenia daerah dan membudayakan nilai – nilai agama dan adat dalam kehidupan sehari – hari sesuai filsafah Minangkabau.

Ketua Umum DKKP terpilih Jasri Umar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pariaman yang telah mendukung DKKP untuk kembali mengemban tugas dengan baik.

“Alhamdulillah DKKP untuk peroide 2020 – 2025 telah dikukuhkan. Ini menjadi tugas yang cukup berat untuk dilaksanakan. Namun dengan kebersamaan dan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Pariaman, kami DKKP yakin akan mengemban tugas dengan baik sehingga kesenian Kota Pariaman akan bisa dikenal lagi baik tingkat Nasional maupun Internasional, “ katanya

Diera globalisasi ini media sosial mempunyai bepanguruh besar. Begitupun dalam kesenian. Kesenian tradisonal Kota Pariaman keberadaan semakin memudar sehingga generasi muda saat ini nyaris kurang mengenal kebudayaan asli daerah. Ini merupakan salah satu tugas DKKP untuk tetap bahu membahu mendata potensi kesenian daerah.

“Kesenian Kota Pariaman memiliki keunikan dan bila dikelola dengan baik akan dapat menjadi daya tarik tersendiri sehingga dapat lebih mengenalkan Kota Pariaman. DKKP akan tetap dan terus memunculkan karya-karya berkelas internasional, “ tambahnya.

Gerakan kesenian yang merupakan lintas budaya belum terjadi perubahan besar dalam rangka memberdayakan ekonomi dan masyarakat, oleh karena itu ke depan melalui kehadiran DKKP dapat bersinergi dengan unsur-unsur Pemerintah dan stakeholder terkait.

“Pada satu sisi kita sangat memerlukan fasilitasi dan bantuan semua pihak karena tidak semua sanggar atau komunitas memiliki kemampuan, ada sanggar yang sangat memerlukan bantuan/bimbingan, oleh karena itu fungsi dari DKKP nantinya sangat berharap bisa melindungi, mengayomi sekaligus memfasilitasi. Pada sisi lain juga kita sangat berharap menjadi organisasi yang dapat membantu pemerintah dalam memajukan Kota Pariaman yang dalam hal ini kebudayaan dan kesenian,“ ujarnya.** Afridon

128 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*