Plt Bupati Solsel Abdul Rahman, Empat Kali Berturut-Turut Raih Opini WTP Harus  Disyukuri dan Dipertahankan

Plt Bupati Solse A. Rahman dan Ketua DPRD Solsel dengan Opini WTP.
Plt Bupati Solse A. Rahman dan Ketua DPRD Solsel dengan Opini WTP.

Solok Selatan, Editor. – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel), kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) empat kali berturut-turut.

Penghargaan ini langsung diserahkan oleh Ketua Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI  perwakilan Sumbar, Yusnadewi, secara virtual dalam masa pandemi covid-19 kepada Plt Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman, didampingi Sekdakab Solsel Yulien Efi bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya dan Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda, Jum’at (26/6) lalu.

Penyerahan Opini WTP kepada Pemkab Solsel secara virtual.
Penyerahan Opini WTP kepada Pemkab Solsel secara virtual.

Opini WTP tersebut akan menjadi sejarah baru dan kado terindah bagi Pemkab Solsel yang masih berusia 17 tahun di tahun 2020 ini.

Atas prestasi yang sudah ke empat kalinya diterima Pemkab Solsel, Plt Bupati Solsel, merasa bersyukur karena Solsel masih mampu mempertahakan WTP diusia yang masih terbilang muda.

WTP itu sebutnya, sebagai penghargaan tertinggi bagi daerah dalam proses akuntabilitas pengelolaan keuanhan daerah dari hasil laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019.

Abdul Rahman menyebutkan, nilai WTP ini perlu kita syukuri, dan menjadi motivasi bagi kita memperbaiki dan menata diri kedepan. Baik dalam pengelolaan keuangan, maupun penyelenggaraan pemerintahan kearah yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Plt Bupati Solsel dan jajaran saat mengikuti vidcom penyerahan Opini WTP.
Plt Bupati Solsel dan jajaran saat mengikuti vidcom penyerahan Opini WTP.

Dia menjelaskan, bersama DPRD Solsel akan segera menindaklanjuti catatan kecil yang meski ada perbaikan, namun catatan tersebut tidak berpengaruh terhadap raihan Opini WTP ke tiga kalinya secara berturut-turut.

Dan secepatnya menyusun eksenplan untuk menidnaklanjuti temuan kuangan daerah dalam laporan LKPD tersebut. Namun Solsel masih diberi rentang waktu dua bulan, insyaallah, katanya, untuk progres penyelesaian administrasi keuangan akan diselesaikan dengan sesegera mungkin.

“Hasilnya segera dilaporkan ke DPRD, masyarakat, ke insan pers dan BPK RI. Kesalahan kecil ini sebagai bahan evaluasi bagi kita kedepannya,” paparnya.

Dia berharap pencapaian tersebut bisa menjadi penyemanagat bagi Aparatur Sipil Daerah (ASN) untuk terus melakikan perbaikan dan peningkatan akuntabilitas keuangan dimasa yang akan datang.

Abdul Rahman juga mengungkapkan, rasa terima kasih terhadap unsur terkait dalam membantu progres pengelolaan keuangan lebih baik.

Bukan hanya dilingkup Pemkab dan DPRD saja, akan tetapi masukan dari perantau dan masyarakat Solsel yang peduli perkembangan situasi daerah. Terutama menyangkut LKPD.

Dia mengatkan, raihan WTP itu wujud dari komitmen, tekad,semnagat seeta kerjasama dan kerja keras Pemkab Solsel bersama Organisasi Perangakat Daerah (OPD) dan DPRD.

Untuk mempertahankan lanjut Abdul Rahman, sama sulitnya dengan meraih WTP. Namun diharapkannya, jangan sampai turun menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

“Semoga WTP ini memberi nilai positif dan memberi mamfaat bagi Pemkab terutama masyarakat Solsel. Mudahan saja komitmen ekseskutif menyampaikan LKPD terus tepat waktu, didukung penetapan Perda APBD bersama legislatif,” pintanya.

WTP ini hendaknya kata Bupati, menjadi cerminan kepatuhan xan kedisiplinan untuk bisa bekerja lebih baik dalam penataan keuanhan yang lebih baik.

Sehingga lepas dari temuan-temuan yang semestinya tidak ada, walaupun temuan itu tidak mempengaruhi predikat WTP tersebut.

“Jangan sampai kesalahan kecil, bisa menjadi besar sehingha dapat menghambat raihan predikat penghargaan keuangan tertinggi bagi daerah,” pesannya.

Sementara, Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda, berharap dengan apa yang diraih hari ini, maka eksekutif dan legislatif tidak boleh puas. Perlu dipertahankan ditahun depan, serta untuk segera membuat laporan terkait temuan BKP.

“Harapan kita, tidak menjadi temuan lagi di tahun depan. Opini WTP ini meski dipertahankan daerah,” tuturnya. ** Natales Idra/Adv

215 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*