Pilkada Payakumbuh Kondusif, Riza Falepi – Erwin Yunaz Unggul

Payakumbuh, Editor. – Dinamika Pilkada serentak di Payakumbuh tidak sehiruk pilkada DKI Jakrta. Tingginya tingkat kesadaran politik di Payakumbuh, sejak gendrang perang pilkada dimulai tahap demi tahap, semuanya berjalan dengan kondusif, termasuk puncaknya hari pencoblosan Rabu (15/2).

Kendati sempat di warnai kompanye hitam, namun tidak mempengaruhi jalannya Pilkada diPayakumbuh. Bahkan tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak di Payakumbuh terbilang cukup tinggi, yakni mendekati 68 %. Dari 84.000 an DPT, tercatat suara yang masuk yang  dianggap sah dalam penghitungan di masing masing TPS totalnya  57.305 suara. Namun masih jauh dari target propinsi yang menetapkan target partisipasi pemilih 84 % dari jumlah DPT.

“Tetapi kita masih bangga dengan partisipasi warga kota Payakumbuh,” ujar Yasmeri tim pemantau yang ditugaskan dari Kemendagri dalam percakapan di sela pemantauan penghitungan suara.

Pelaksanaan Pilkada serentak di Payakumbuh juga dipantau dan diawasi langsung. Selain dari tim pemantau indipenden, Panwas Propinsi, Panwas Kota Payakumbuh, para tim sukses masing masing calon, juga dipantau langsung oleh tim dari Kemenkopolkam yang menugaskan langsung stafnya, Brigjen TNI Amrin, ke Payakumbuh.

Pemantau dari Kemenkopolkam itu juga sangat mengapresiasi tingkat kesadaran politik warga kota Payakumbuh.

“Dari lima kecamatan yang ada di Payakumbuh kami pantau, warga kota cukup antusias menyalurkan hak pilihnya,semuanya berlangsung dengan aman dan penuh persaudaraan. Sehingga Pilkada badunsanak benar benar kelihatan di Payakumbuh, “ inilah yang diharapkan pemerintah,” ujar Amrin ketika diminta tanggapannya.

Reza – Erwin Ungguli Dua Kompetitor Lain

Suasana Pilkada di Payakumbuh berlangsung aman dan tertib. Pusat kota dari pagi sampai pukul 10 kelihatan sepi, karena para pedagang tumpah ruah ke TPS TPS menyalurkan hak pilihnya. 210 TPS yang ada di Payakumbuh dipantau langsung oleh petugas keamanan yang berpatroli dengan sepeda motor, bersenjatakan laras panjang. Jumlah mereka mencapai 20 orang,10 orang dari kesatuan Polri dan 10 orang dari TNI. Mereka berkomvoi dari satu TPS ke TPS lainnya. Baru pukul 17.00 WIB mereka kembali ke kantor KPU yang terletak di komplek GOR Kubugadang.

Jalannya pencoblosan juga kelihatan berlangsung kondusif. Pasangan nomor urut satu  Wendra-Yunaldi menyalurkan suaranya di TPS 3, Padang Tinggi, Payakumbuh Barat. Reza Falepi mencoblos bersama istrinya di TPS 4 Kelurahan Kapalo Koto di Balai, sementara Suwandel nomor  urut 3 menyalurkan suaranya di TPS Kelurahan Ibuah.

Dari catatan perolehan suara yang dikumpulkan sampai pukul 16.30, pasangan Wendra Yunaldi- Ennaidi Dt. Angguang hanya memperoleh suara 11.078 ( 19,29%), dengan rincian 1.366 suara di Kecamatan Latina, 4.518 suara di Kecamatan Payakumbuh Barat, 908 suara di Kecamatan Payakumbuh Selatan, 2.152 suara di Kecamatan Payakumbuh Timur dan 2.134 suara di Kecamatan Payakumbuh Utara. Sementara pasangan Reza Falepi – Erwin Yunas menang mutlak dari dua rivalnya di Kecamatn Latina dengan meraup suara 2.539 suara, sementara di Kecamatan Payakumbuh Barat  yang merupakan basis pasangan Wendra Yunaldi dan Suwandel Mukhtar, pasangan nomor urut 2 ini masih mampu meraup 7.459 suara, kendati kalah oleh pasangan Suwandel Mukhtar – Fitrial Bakhri yang mengantongi suara di Kecamatan Payakumbuh Barat 9.379 suara, namun Pasangan Reza di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengantongi 1.699 suara, masih kalah oleh pasangan Suwandel Mukhtar yang memperoleh suara di Kecamatan Payakumbuh Selatan 2.486 suara, di Kecamatan Payakumbuh Timur, pasangan Reza juga kalah telak oleh pasangan Suwandel Mukhtar  yang mengantongi 6.052 suara, sementara Reza hanya 3.768 suara. Tetapi di Kecamatan Payakumbuh Utara yang merupakan basis Reza, dia menang mutlak dengan meraup 9.481 sauara, sementara Suwandel Mukhtar hanya mampu mendapatkan 2.348 suara di Kecamatan Payakumbuh Utara, sehingga total suara yang di dapat Reza – Erwin 24.946 suara (43,62 %),sementara pasangan wandel – Fitrial (W-Fi) hanya 21.179 suara (37,10%).

Rendahnya perolehan suara Suwandel- Fitrial yang digadang gadang bakal memenangkan Pilkada ini, dari suara Reza-Erwin,karena Suwandel Mukhtar – Fitrial kalah telak di Kecamatan Latina. Dia hanya mampu mendapatkan 914 suara, walaupun dia unggul di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Payakumbuh Barat, Payakumbuh selatan dan Payakumbuh Timur, namun secara akumulasinya masih terpaut 3.767 suara dari akumulasi kumpulan suara Reza-Erwin 24.946 suara. Ini angka sementara hasil penghitungan yang di dapat dari hasil real count internal di posko masing masing Paslon.

Sampai pukul 18.00 tidak ada laporan pelanggaran yang masuk ke KPU Payakumbuh tentang pelaksanaan Pilkada di Kota Payakumbuh. Diharapkan sampai tgl 21 Pebruari 2017,  sudah selesai pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara di masing masing kecamatan.

“Baru Kecamatan Payakumbuh Selatan yang sudah menetapkan pelaksanaan rekapitulasinya pada hari Kamis, 16 Pebruari 2017. Sementara di tingkat Kota, pelaksanaan rekapitulasi itu dilakukan selambat lambatnya 3 hari setelah selesai rekapitulasi tingkat Kecamatan,” ujar ketua KPU Payakumbuh Muhammad Kadhafi didampingi sekretaris KPU ** Yus

1434 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*